Peluang Usaha Budidaya Ikan Lemon

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lemon - Dunia ikan hias kini semakin diramaikan oleh penampilan ikan lemon yang menawan. Budidaya ikan lemon juga semakin dilirik oleh para pecinta ikan hias akuarium. Warna kuning menyerupai warna buah lemon memang menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan asli dari daerah Afrika ini. Bagi kalangan peternak ikan hias, memelihara dan membudidayakan ikan lemon termasuk cara yang cukup mudah, selain itu permintaan pasar yang masih tinggi menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Apakah kita juga ingin menikmati keuntungan dari peluang yang masih terbuka ini. Nah, sebelum Anda memutuskan sebaiknya rehat sejenak dan menyimak ulasan budidaya ikan hias lemon ini.

cara budidaya ikan lemon,peluang usaha budidaya ikan cupang,ikan lele,ikan gurame,pikan nila,budidaya jamur merang,budi daya ikan nila,prospek,

Ulaasan Budidaya Ikan Lemon

• Jenis indukan untuk budidaya ikan lemon

Ketika kita ingin memilih indukan yang baik untuk dilakukan pemijahan maka induk tersebut minimal sudah berusia 7 bulan lebih, kita bisa mengetahui apakah induk yang kita pilih jantan ataukah betina dilihat dari beberapa cara. Misalnya pada ukuran tubuh ikan lemon betina lebih kecil dan lebih pendek dibanding lemon jantan. Ciri lain, pejantan dan betina adalah warna ikan lemon jantan memiliki kuning cerah sedangkan lemon betina agak redup. Jika sudah bisa memilih indukan tersebut budidaya ikan lemon sudah bisa dilanjutkan ke tahap pemijahan ikan di kolam khusus.

• Kolam pemijahan ikan lemon


ukuran ikan lemon dewasa,ikan lemon terbesar,contoh makanan ikan lemon,makanan ikan lemon fish,cara budidaya ikan lemon fish

Kolam yang digunakan untuk tepat pemijahan adalah akuarium yang khusus untuk pejantan dan betina. Ukuran akuarium memang harus lebih luas misalnya panjang 100cm, lebar 50 cm dengan ketinggian 40 cm, sedangkan kedalaman air cukup separuh dari tinggi akuarium sekitar 20-25cm. Kolam buatan budidaya ikan lemon ini memang bisa lebih hemat biaya dibandingkan dengan membuat bak besar untuk pemijahan masal ikan hias. Sedangkan untuk kolam pemijahan dari bak beton minimal ukurannya kurang lebih 2 meter dengan lebar dan ketinggian satu meter, kolam ini bisa digunakan untuk pemijahan masal yang lebih efektif namun membutuhkan biaya yang lebih besar.

• Cara pemijahan ikan lemon

Ikan lemon yang sedang dalam proses pemijahan dibiarkan dalam akuarium sampai terjadi proses perkawinan. Ikan lemon yang sedang terjadi perkawinan biasanya diawali dengan ikan jantan yang berkejaran dengan betina kemudian diakhiri dengan mengendap-endap di dasar kolam. Namun untuk lebih memastikan pemijahan adalah dengan membiarkan pasangan jantan dan betina didalam kolam pemijahan kurang lebih satu minggu. Budidaya ikan lemon ini setelah mengalami pembuahan maka telur akan menetas dan menghasilkan benih ikan lemon berukuran kecil.

ukuran ikan lemon dewasa,ikan lemon terbesar,contoh makanan ikan lemon,makanan ikan lemon fish,cara budidaya ikan lemon fish

Setelah proses pemijahan berhasil selanjutnya adalah memisahkan indukan dengan benih ikan lemon, ikan yang masih dalam bentuk benih lemon ini diberi pakan nutrisi untuk pertumbuhannya sampai usia 2 bulan. Setelah itu pisahkan kembali menjadi beberapa bagian untuk mengurangi populasi yang terlalu padat. Lakukan cara demikian setiap pertumbuhan ikan semakin besar dan dewasa. Kini setelah semakin besar ikan lemon sudah bisa dijual dan disetor ke penjual ikan hias. Demikianlah bagaimana cara budidaya ikan lemon yang hampir sama dengan cara budidaya ikan nila dan sebagainya.

Budidaya selanjutnya cara budidaya ikan koi di kolam terpal
Peluang Usaha Budidaya Ikan Lemon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown