Minggu, 30 Agustus 2015

Cara Budidaya Ikan Kutuk

Cara Budidaya Ikan Kutuk - Ikan kutuk sering disebut juga ikan gabus atau dalam bahasa Jawa ada yang menyebut bogo, sejenis ikan tawar yang habitatnya ada di air rawa, sawah dan sungai. Namun karena pada saat tertentu ikan ini sulit ditemukan terutama pada saat kemarau, maka banyak orang yang sengaja untuk budidaya ikan kutuk di media kolam buatan. Ini memang menjadi cara baru karena harga ikan gabus atau kutuk ini sangat tinggi disaat musim kemarau menjadi alasan untuk dibudidayakan. Namun jumlah peternak yang membudidayakan kutuk masih jarang sekali karena masih belum banyak yang mengetahui bagaimana cara budidayanya.
cara budidaya ikan, mengolah ikan kutuk untuk obat,jual ikan kutuk,makanan ikan kutuk,bibit ikan kutuk,jual ikan gabus kutuk,sari ikan kutuk,ikan hias,ikan gurame,

Budidaya ikan tawar seperti kutuk sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, dengan media kolam kecil saja budidaya kutuk sudah bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Selain itu, jenis ikan kutuk juga termasuk ikan yang minim perawatan, berbeda dengan ikan tawar lainnya yang dibudidayakan di kolam buatan membutuhkan perawatan ekstra. Budidaya ikan kutuk bisa dilakukan dengan modal minim sekalipun, misalnya dengan membuat kolam dari terpal atau bak air. Untuk panduan cara budidaya ikan gabus kutuk bisa Anda simak langkah-langkahnya.

Panduan Langkah-Langkah Budidaya Ikan Kutuk

• Memilih indukan ikan kutuk


cara budidaya ikan, mengolah ikan kutuk untuk obat,jual ikan kutuk,makanan ikan kutuk,bibit ikan kutuk,jual ikan gabus kutuk,sari ikan kutuk,ikan hias,ikan gurame,
Setelah kita mempunyai media berupa kolam buatan maka tahap pertama yang diperlukan adalah memilih indukan kutuk. Pilih jenis indukan yang berkualitas baik jantan maupun betinanya, ciri-ciri indukan yang baik adalah memiliki ukuran tubuh besar dan panjang serta warna sisiknya lebih gelap. Indukan yang sudah siap untuk digunakan pemijahan adalah ikan yang sudah berumur kurang lebih 1 tahun karena tingkat kedewasaan ikan lebih siap untuk budidaya ikan kutuk sebagai untuk pemijahan.

• Proses pemijahan

Pemijahan ikan kutuk atau ikan gabus dilakukan menggunakan kolam buatan terbuat dari beton atau bak kolam. Ukuran kolam buatan ini kurang lebih panjangnya 5 meter dan tinggi 1 meter, sedangkan ketinggian air cukup 50 cm. Kemudian langkah budidaya ikan kutuk tahap pemijahan masukkan indukan ikan kutuk, untuk mengurangi efek sinar matahari bisa ditambahkan enceng gondok supaya ikan lebih tenang dan bergairah.

• Pemeliharaan

http://carabudidayaikanlelenilamujair.blogspot.com/2015/08/cara-budidaya-ikan-kutuk.html

Setelah terjadi pembuahan dan telur menetas menjadi benih ikan kutuk, maka selanjutnya adalah memisahkan indukan ke kolam lain. Tujuannya supaya benih ikan tersebut terjaga kelangsungan hidupnya tidak ada yang dimakan oleh induknya. Benih diberi pakan berupa kuning telur sampai usia 1 bulan, lakukan pengenalan jenis pakan mulai dari yang kecil sampai pakan butiran yang besar ketika kutuk semakin bertambah besar. Demikianlah beberapa hal yang dilakukan dalam cara budidaya ikan kutuk, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari tips budidaya ikan tawar gabus. Nantikan ulasan dan pembahasan budidaya ikan lainnya untuk menambah kreatifitas dan pengalaman Anda.

Budidaya selanjutnya peluang usaha budidaya ikan lemon
Cara Budidaya Ikan Kutuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya