Sabtu, 22 Agustus 2015

Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal Dengan Keuntungan Melimpah

Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal Dengan Keuntungan Melimpah - Ikan sidat atau yang biasa disebut sebagai unagi bagi masyarakat Jepang merupakan ikan air tawar yang masih satu keluarga dengan belut. Kandungan gizi yang tinggi pada ikan sidat ini menjadikannya sebagai salah satu sumber protein yang menjadi favorit bagi masyarakat Jepang. Hanya saja jumlah produksi ikan sidat di Jepang berbanding terbalik dengan jumlah konsumsinya. Untuk itu, ikan sidat di Jepang berasal dari impor negara lain yang membudidayakan ikan sidat. Ada banyak cara budidaya ikan sidat, salah satunya adalah budidaya ikan sidat di kolam terpal yang bisa Anda lakukan bahkan di lahan yang sempit.

cara budidaya ikan sidat di kolam terpal,patin kolam terpal,gabus kolam terpal,resensi,patin di kolam terpal pdf,nila kolam terpal,gurame di kolam terpal,pembuatan kolam terpal ikan lele,

Ikan sidat memiliki cita rasa yang gurih dan enak, tak heran jika permintaan ikan sidat ini turut meningkat. Dengan membudidayakan ikan sidat ini, Anda akan memperoleh banyak keuntungan karena ikan sidat tidak hanya diproduksi untuk konsumsi negara sendiri. Namun juga diekspor ke negara lain seperti Jepang dengan keuntungan yang berlipat ganda. Budidaya ikan sidat di kolam terpal termasuk cara yang cukup mudah untuk digeluti dan dipelajari. Anda hanya perlu menyiapkan kolam terpal, bibit ikan sidat dan pakan yang sesuai dengan pengaturan kolam yang tepat. Berikut cara memelihara ikan sidat yang bisa Anda pelajari dan ikuti.

Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal

1. Kolam terpal

Untuk ukuran kolam terpal yang perlu dibuat adalah kolam dengan ukuran ideal sekitar 2 x 7 x 0,7 meter. Anda bisa menggunakan pompa untuk membuat air mengalir dengan lancar dari kolam tersebut, karena habitat asli dari ikan sidat adalah perairan sungai. Untuk budidaya ikan sidat di kolam terpal, sebaiknya buatlah kolam hanya dengan kedalaman 40 cm dengan menambahkan oksigen dengan pompa udara yang memiliki 12 lubang.

2. Pakan

Pakan dari ikan sidat ini berupa hewan yang hidup. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa jenis pakan jika Anda melakukan budidaya ikan sidat, diantaranya adalah udang hidup, kepiting hidup bahkan cacing tanah bisa menjadi pakan untuk ikan sidat. Anda juga bisa memberikan pelet berupa pelet dengan protein berukuran 1 ml.

3. Panen

Budidaya ikan sidat di kolam terpal memiliki masa panen yang cukup lama yaitu sekitar 2 tahun untuk ikan sidat yang diekspor ke Jepang. Sedangkan ikan sidat yang didistribusikan di dalam negeri hanya membutuhkan waktu panen antara 1 tahun sampai dengan 1,5 tahun.

cara budidaya ikan sidat di kolam terpal,patin kolam terpal,gabus kolam terpal,resensi,patin di kolam terpal pdf,nila kolam terpal,gurame di kolam terpal,pembuatan kolam terpal ikan lele,

Dengan memelihara ikan sidat, para petani ikan sidat bisa memperoleh keuntungan yang berlimpah. Sebagai informasi bahwa harga ikan sidat dijual dengan harga yang cukup tinggi. Untuk 1 kilo ikan sidat basah dijual dengan harga mencapai 1,7 jutaan rupiah. Tak heran jika budidaya ikan sidat di kolam terpal akan membuat keuntungan buat petani, apabila terjual sampai ke luar negeri dengan pemasokan hingga mencapai puluhan juta rupiah. Anda tertarik?

Budidaya selanjutnya 2 jenis budidaya ikan paling menguntungkan saat ini
Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal Dengan Keuntungan Melimpah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya