Kamis, 27 Agustus 2015

Tips dan Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam Yang Tepat

Tips dan Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam - Ikan koi adalah salah satu jenis ikan yang sangat diminati masyarakat Indonesia sebagai penghias kolam. Selain warna dan coraknya yang indah, ikan koi juga tergolong mudah pengembangbiakannya. Ikan koi dalam perawatannya tentu hampir sama dengan ikan-ikan lain, yaitu memiliki air yang baik, kolam yang sesuai dan juga pemberian pakan sebagai cara memelihara ikan koi di kolam. Ikan koi sendiri merupakan ikan yang suka berenang dalam air yang luas dan dalam, sehingga yang paling dianjurkan dalam memeliharanya adalah dibiakkan di kolam. Kolam ikan koi yang harus luas dan dalam tentu memiliki maksudnya tersendiri.

agar tidak mati, bagi pemula, cara budidaya ikan koi lengkap, cara memelihara ikan koi di kolam terpal, Koi,

Perhatian Serius Terhadap Koi

Hindarkan Dari Terpapar Matahari Berterusan

Kolam yang dalam akan membantu si ikan koi supaya tidak terus-terusan terpapar sinar matahari. Ikan koi sejatinya bukan ikan yang tahan pada sinar matahari secara terus menerus. Hal tersebut apabila dibiarkan justru akan menjadi masalah bagi si ikan koi, berupa pertumbuhannya yang terhambat atau warnanya yang memudar.

Cara memelihara ikan koi di kolam yang paling baik tentunya dengan memperhatikan karakteristik kolam ikan koi. Untuk ukuran standar dalam memelihara ikan koi adalah sebesar 1 ½ m x 2 m dengan kedalaman 80 sampai 50 cm. 

Selain ukuran kolam untuk ikan koi yang dalam, sebaiknya diperhatikan juga tentang adanya jarak dari permukaan air dan bibir kolam. Hal tersebut dikarenakan karena ikan koi merupakan ikan yang biasa melompat, sehingga apabila tidak diberi jarak akan membuat si ikan terjebak di luar kolam. Untuk jarak yang dapat kami rekomendasikan sendiri adalah sekitar 25 cm.

Sebagai cara memelihara ikan koi di kolam yang lain, ada baiknya Anda juga memasang pipa saluran pembuangan air kotor di bagian bawah kolam, dan juga pipa saluran air bersih di bagian atasnya. Hal ini bertujuan supaya air dapat selalu berganti-ganti sehingga ada sirkulasi air untuk kecukupan oksigen si ikan koi. 

Mem-filter Air Kolam

agar tidak mati, bagi pemula, cara budidaya ikan koi lengkap, cara memelihara ikan koi di kolam terpal, Koi,

Nah, selain itu, cara memelihara ikan koi di kolam yang baik termasuk memperhatikan adanya filter yang terdiri dari 4 lapis untuk melindungi kebersihan air. Filter-filter tersebut dapat melindungi kebersihan air dari kerikil, pasir, lumpur dan sampah. Filter tersebut juga berfungsi sebagai pengendali karbon zeolit yang berguna untuk mengurangi racun dan bau.

Selain itu, filter juga berfungsi sebagai penetralisir pestisida dan juga untuk pembersihan kolam. Mengganti air dalam kolam ikan koi ada baiknya dilakukan selama 2 minggu sekali, atau ketika kolam menjadi kotor. Pembersihan kolam berfilter dapat dilakukan dengan membersihkan filter itu sendiri saja, dengan menyemprotkan air bersih selama 5 sampai 10 menit. 

Nah, yang terakhir adalah berhubungan dengan teknik pemberian pakan untuk ikan koi. Jenis makanan yang baik untuk ikan koi adalah white germ, atau pakan-pakan lain yang memiliki kandungan protein tinggi yang biasa didapatkan dari gandum, tepung ikan, atau tepung udang. White germ sendiri memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap untuk pertumbuhan si ikan koi. Apabila Anda ingin cara memelihara ikan koi di kolam supaya ikan koi berwarna cerah, maka berikan si koi dengan makanan yang berkaroten tinggi, seperti wortel, ganggang spirullina, semangka, sawi, dan kubis.

Budidaya selanjutnya cara pembesaran ikan nila di kolam terpal
Tips dan Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam Yang Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya