Cara Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal untuk Pemula Agar Berhasil

Cara Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal untuk Pemula Agar Berhasil - Budidaya ikan bawal di kolam terpal menjadi salah satu usaha yang cukup menguntungkan sebenarnya. Ikan bawal sendiri salah satu ikan air tawar yang banyak disukai dan banyak diolah menjadi ikan bakar di berbagai warung makan. Banyaknya permintaan akan ikan bawal segar ini membuat usaha budi daya ikan bawal sangat menguntungkan. Apalagi sekarang tidak perlu lahan yang luas untuk melakukan budi daya karena bisa dilakukan dengan menggunakan terpal. Cara budidaya ikan bawal air tawar di kolam terpal tidak membutuhkan biaya yang mahal dan lahan yang luas. Tanpa harus membuat kolam semen atau tanah dulu juga bisa langsung di buat dengan terpal. Pembuatan kolam ini juga bisa dilakukan di dalam rumah tidak harus di halaman rumah.

cara budidaya ikan, budidaya ikan nila di kolam terpal,belut,bawal air tawar,artikel tentang budidaya ikan bawal,

Untuk Pemula Berikut Beberapa Tips Nudidaya Ikan Bawal

• Siapkan kolam

Persiapan kolam di mulai dari pembuatan kolam terpal. Setelah kolam terpal selesai dibuat, masukan air sesuai dengan kebutuhan. Ingat jangan terlalu penuh. Diamkan selama kurang lebih 3 hari baru kolam siap digunakan untuk penebaran bibit ikan bawal. 

• Pilih benih yang tepat

Kunci sukses budidaya ikan bawal di kolam terpal salah satunya yaitu dari pemilihan bibitnya. Bibit ikan bawal harus dipilih yang berkualitas. Ukuran bibit ikan bawal yang ideal digunakan dalam budi daya yaitu sekitar 5 sampai 8 cm. Sebelum bibit ini ditebar di kolam, sebaiknya dikarantina dulu di bak dan di tetrasiklin terlebih dahulu selama 3 hari sambil menunggu persiapan kolam. 

• Lakukan pendederan dengan tepat

Dalam pendederan juga harus dilakukan dengan tepat agar hasil budi dayanya bisa besar dan sehat. Untuk kolam terpal pendederan, sebaiknya dilakukan dengan kuantitas 100 sampai 150 ekor untuk setiap meternya. Air yang ada di dalamnya juga harus diperhatikan, awal pendederan tinggi air usahakan 30 sampai 40 cm saja. 

• Proses pembesaran diperhatikan

Proses pembesaran dalam budidaya ikan bawal di kolam terpal ini kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 4 bulan degan ukuran benih sekitar 5 sampai 8 cm. 

 • Perhatikan pemberian pakan


cara budidaya ikan, budidaya ikan nila di kolam terpal,belut,bawal air tawar,artikel tentang budidaya ikan bawal,

Dalam pemberian pakan juga harus diperhatikan dari mulai pemilihan pakan, waktu pemberian pakan, jumlah pakan, dan frekuensi pemberian pakan. Pakan yang digunakan adalah palet yang sudah dijadikan tepung dengan waktu pemberian makan 4 hari dalam sehari yaitu pagi, siang, sore, dan malam. Jumlah pakan yang diberikan juga disesuaikan dengan jumlah ikan dan berat badan ikan. Usahakan 30% pakan yang diberikan mengandung protein untuk ikan. Pakan bisa diberikan dengan cara disebar langsung dengan tangan ataupun dengan alat. 

Melakukan budidaya ikan bawal memang tidak terlalu sulit. Bibit yang diperlukan juga disesuaikan dengan ukuran kolam. Biaya produksi untuk budi daya ikan bawal sendiri lebih banyak digunakan untuk pakan ikan bawal. Hampir 60% biaya produksi akan habis hanya untuk membeli pakan ikan bawal, sedangkan sisanya digunakan untuk pembelian bibit dan persiapan alat untuk membuat kolam. Dalam melakukan budidaya ikan bawal di kolam terpal air tetap harus diperhatikan. Agar oksigen dalam air berkualitas, ada baiknya dilakukan pergantian air melalui selang. Jadi, ada air masuk dan air keluar secara berkala di dalam kolam.

Budidaya selanjutnya tips dan cara budidaya ikan patin di kolam terpal untuk pemula
Cara Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal untuk Pemula Agar Berhasil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown