Tips Melakukan Budidaya Ikan Balon Molly

Tips Melakukan Budidaya Ikan Balon Molly - Ikan hias kini semakin marak diburu oleh anak-anak maupun orang dewasa. Ikan hias memang terdiri dari bermacam-macam jenis yang unik dan menggemaskan. Ikan hias biasanya dibeli sebagai hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Ikan hias yang sedang banyak digandrungi adalah ikan hias balon. Ikan hias balon merupakan ikan hias yang lucu, karena ikan ini mempunyai panjang maksimal 12 cm dan badannya besar serta yang paling unik adalah perutnya yang buncit. Ikan balon ini termasuk dalam klasifikasi ikan hias molly. Karena ikan balon banyak disukai maka banyak orang mencoba budidaya ikan balon. Caranya pun cukup mudah asalkan dikerjakan dengan penuh ketelatenan.

cara budidaya ikan hias black molly,ikan molly lengkap,jenis ikan molly,platy,guppy,harga balon molly gold,

Pengenalan Cara Budidaya Ikan Molly

Macam Jenis Ikan Hias Molly

Ikan hias molly sebenarnya banyak macamnya tidak hanya ikan hias molly balon saja namun sudah ada budidaya ikan hias Black ghost. Ikan hias balon mempunyai banyak warna yang unik. Lucunya apabila ikan ini berenang di dalam akuarium dengan perut buncit akan membuat semakin menggemaskan. Ikan molly ini berasal dari Meksiko, Virginia, dan Florida, ikan ini hidup di perairan dengan suhu 25-28 derajat celcius dengan pH sekitar 8 dan kekerasannya bisa mencapai 14-20 derajat dH. Sehingga jika ingin budidaya ikan balon molly sebaiknya dipelihara dengan pH netral yakni 7.

Meskipun ikan molly balon bisa hidup di suhu yang netral, namun ikan molly balon hidupnya akan terganggu apabila terjadi perubahan suhu yang tinggi. Maka dari itu apabila Anda ingin membudidayakan ikan molly ini sebaiknya beri suhu perairannya dengan suhu yang netral. Apabila terjadi perubahan suhu yang ekstrim, Anda bisa menghangatkannya dengan menggunakan cahaya lampu.

3 Langkah Menuju Budidaya

Budidaya ikan balon molly relatif mudah karena terdiri dari 3 cara, yaitu pembuatan lahan atau tempat, pembibitan dan pembesaran. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa teknik untuk memijahkan dan pendederan ikan balon molly membutuhkan tempat. Tempat yang pertama adalah tempat pemijahan, dimana tempat pemijahan bisa dilakukan di bak plastik atau akuarium.

Agar produksi anak ikan semakin banyak, Anda bisa menambahkan garam dapur sekitar satu sendok makan per 3 liter air. Sebaiknya tempat pemijahan ditaruh di tempat yang tidak ramai serta tambahkan tanaman air sebagai perangsangnya. Jika sudah ada larva yang berenang di atas bak, maka ambil dan pindahkan di kolam pendederan tujuannya agar anak tidak dimakan induknya.

Pemberian Makan Larva Molly


cara budidaya ikan hias black molly,ikan molly lengkap,jenis ikan molly,platy,guppy,harga balon molly gold,

Larva ikan balon molly balon bisa diberi makan setelah umurnya 4-5 hari, pakan yang bisa diberikan adalah kutu air atau kuning telur sudah direbus lalu dihancurkan. Apabila sudah mencapai panjang 2-3 cm anakan ikan balon boleh diberi pakan cacing dan apabila sudah mencapai ukuran dewasa yakni 5-7 bisa diberi pakan cuk. Budidaya ikan balon molly dalam hal pemberian pakannya sebaiknya jangan setiap hari, cukup 2 kali sehari dan jangan banyak-banyak karena dapat merusak kualitas air.

Kebersihan kandang pun juga perlu diperhatikan, dimana air di dalam akuarium jangan sampai kotor agar anak ikan balon tidak mati. Sebaiknya membersihkan kotorannya dengan menggunakan disiphon air dan dibersihkan setiap 2-3 hari sekali dalam 1 minggu.

cara budidaya ikan hias black molly,ikan molly lengkap,jenis ikan molly,platy,guppy,harga balon molly gold,

Sebagai referensi pengetahuan Anda agar lebih mantap lagi, Anda bisa membaca buku budidaya ikan molly lengkap yang sudah banyak dijelaskan melakukan budidaya ikan yang baik. Ikan balon molly yang unik, warna bagus serta tubuh besar dengan perut buncit biasanya banyak dicari oleh penggemar ikan hias dan tentunya anak-anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa budidaya ikan balon molly relatif mudah asalkan penuh kesabaran dan ketelatenan.

Budidaya selanjutnya membuat konstruksi wadah untuk  budidaya udang windu tradisional
Tips Melakukan Budidaya Ikan Balon Molly Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown