Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Yang Cantik

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Yang Cantik - Ikan neon tetra adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat cantik. Warnanya yang terkesan menyala membuat ikan ini digemari banyak masyarakat sebagai penghias di akuarium. Cara budidaya ikan neon tetra yang cukup mudah ini juga didukung dengan daya tahan ikan yang cukup kuat sehingga tidak gampang mati. Ikan neon tetra juga sangat cocok jika dibudidayakan di tempat yang kecil karena jenis ikannya yang tidak membutuhkan tempat yang luas.

harga ikan neon tetra,ikan neon tetra betina,makanan ikan neon,budidaya ikan neon tetra masih menjanjikan,ikan neon gampang mati,

Ikan Neon Tetra

Karakteristik ikan neon sendiri dapat kita lihat dari tubuhnya yang kecil dan memiliki corak warna merah dan biru kehijauan yang membentang ke ekor. Meskipun cara budidaya ikan neon tetra cukup mudah, namun tetap harus dilakukan secara telaten. Hal tersebut dikarenakan ikan ini harus hidup di air yang steril dengan kandungan ph kurang dari 6,4 atau dapat dibilang kadarnya asam. Ikan ini juga lebih senang jika ditempatkan di dalam area gelap seperti di ruangan tertentu, dengan suhu sekitar 20 derajat celsius.

Mengenal Indukan Jantan dan Betina

harga ikan neon tetra,ikan neon tetra betina,makanan ikan neon,budidaya ikan neon tetra masih menjanjikan,ikan neon gampang mati,

Ketika Anda melakukan cara budidaya ikan neon tetra, tentu Anda harus bisa membedakan yang mana ikan neon tetra yang jantan dan mana yang betina. Hal tersebut perlu dilakukan karena akan memudahkan Anda dalam mengembangbiakkan ikan neon tetra. Ikan neon tetra yang berjenis kelamin jantan memiliki tubuh yang ramping dan garis tubuhnya lurus dan panjang.

Sedangkan untuk ikan neon tetra betina sendiri memiliki tubuh yang bulat terutama di area perut, dan garis tubuhnya membengkok. Cara membedakan ikan neon jantan dan betina memang cukup sulit, hal tersebut karena baik jantan maupun betina memiliki warna yang cenderung sama-sama terang.

Setelah Anda mengetahui yang manakah ikan neon tetra yang jantan dan betina, Anda dapat memulai cara budidaya ikan neon tetra yang cantik ini. Pertama kali yang Anda lakukan adalah menampung air hujan dan ditampung selama sekitar 2 minggu. Hal ini dikarenakan air hujan jelas memiliki kadar asam.

Jangan lupa untuk membersihkan tempat pengembangbiakan ikan dengan air tawas. Masukkan air hujan ke dalam tempat pengembangbiakan, dan tetesi dengan air kayu asam. Setelah Anda diamkan selama 2 sampai 3 hari, mulailah memasukkan tanaman atau dedaunan sebagai tempat telur ikan.

Pemisahan Indukan Neon

harga ikan neon tetra,ikan neon tetra betina,makanan ikan neon,budidaya ikan neon tetra masih menjanjikan,ikan neon gampang mati,

Untuk memulai cara budidaya ikan neon tetra dan mengisi tempat pengembangbiakan dengan induk ikan neon tetra, sebelumnya Anda harus memisahkan ikan indukan neon tetra terlebih dahulu. Setelah Anda memasukkan indukan ikan neon tetra, silahkan tutup tempat tersebut supaya gelap dan berilah lubang sedikit untuk mengintip. Ikan neon tetra jantan dan betina akan segera berkembangbiak, dan Anda dapat melihat telur-telur ikan di dedaunan.

Setelah itu, pindahkan induk ikan neon tetra dan tutup tempat itu supaya benar-benar gelap lalu biarkan selama kurang lebih 3 hari sampai si ikan baru menetas. Setelah menetas, kain penutup jangan dibuka terlebih dahulu, namun dapat dibuka sebentar ketika memberi makan berupa bakteri infusoria. Setelah 2 sampai 3 minggu, barulah penutup boleh dibuka.

Budidaya selanjutnya mudahnya budidya ikan sidat air tawar
Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Yang Cantik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown