Selasa, 18 Agustus 2015

Tips Mudah Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Tips Mudah Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil - Siapa sih yang tidak suka ikan gurame? Rasa dagingnya yang empuk menjadikan siapa saja banyak yang menyukainya, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Sehingga tidak heran jika harga ikan gurame ini cukup tinggi dibandingkan dengan jenis ikan yang lainnya. Oleh sebab itu, jika tidak ingin terpentok dengan harganya yang mahal maka cobalah melakukan budidaya ikan gurame di kolam kecil. Mengapa di kolam kecil? Karena asumsinya adalah untuk dikonsumsi sendiri. Ketika Anda memanennya, Anda dapat mengolah sendiri sebagai santapan lezat untuk keluarga. Mengenai berbagai resep ikan gurami, sudah banyak di internet.
cara budidaya ikan,gurame di kolam tembok,kolam terpal,pendederan dan pembesaran ikan gurami,gurame di aquarium,makalah,gurame download,kolam tanah,

Nah, ketika budidaya ikan gurame di kolam kecil Anda berjalan lancar dan sukses, Anda dapat memperluasnya pada bidang yang lebih luas lagi. Kali ini, tidak hanya untuk konsumsi sendiri tetapi Anda juga dapat menjualnya. Mengenai harganya cukup menggiurkan dan biasanya laris untuk rumah makan di berbagai daerah. Untuk kolam kecil ini Anda dapat menggunakan media terpal. Ukurannya menyesuaikan dengan lahan yang Anda miliki, misalnya ukuran 6x10 meter dengan kedalaman 1 meter. Rancang juga saluran untuk memasukkan air bersih dan untuk membuangnya ketika sudah kotor.

Pada bagian pinggiran terpal beri pemberat seperti batu bata agar terpal dapat kuat tidak mudah bergeser-geser. Budidaya ikan gurami d rumah ini dapat menjadi kegiatan sampingan Anda tanpa menyita banyak waktu maupun lahan yang terlalu luas karena alam rangka kegiatan budidaya ikan gurame di kolam kecil. Anda perlu menjemur calon kolam terlebih dahulu sebelum diisi air serta menaburkan garam gasak yang nantinya dapat mencegah timbulnya jamur. Anda juta perlu untuk menggemburkan tanah terlebih dahulu karena Anda tidak menggunakan beton atau bahan lain, tetapi menggunakan tanah yang dilapisi terpal. Setelah menggemburkan tanah dan memasang terpal, maka berikutnya adalah memupuk. 
cara budidaya ikan,gurame di kolam tembok,kolam terpal,pendederan dan pembesaran ikan gurami,gurame di aquarium,makalah,gurame download,kolam tanah,

Tahap budidaya ikan gurame di kolam kecil selanjutnya dilanjutkan dengan penebaran benih ikan gurame. Ikan gurame kecil yang ditaburkan umumnya berukuran 5 cm. Tetapi Anda perlu menyiapkan air kolam satu ember terlebih dahulu, dan memasukkan benih pada ember berisi air tersebut selama kurang lebih 15 menit. Hal ini bertujuan sebagai langkah agar bibit ikan gurami beradaptasi dengan kondisi air kolam. Mengenai bibit ikan ini jika Anda pemula dapat membelinya pada peternak ikan atau pedagang yang memang menjual bibit-bibit ikan. Anda nantinya akan dipilihkan bibit yang unggul. Setelah adaptasi bibit pada air kolam yang ada di ember, selanjutnya menabur bibit-bibit tersebut pada kolam yang sudah Anda buat.

Nah, Anda juga harus memperhatikan masalah pakan ikan gurame tersebut, yaitu jika pakan alami dapat menggunakan daun kangkung dan daun keladi. Selain pakan alami, ada juga pakan apung yang dapat dibeli dalam jumlah kiloan atau sak. Budidaya ikan gurami di kolam terpal ini adalah langkah awal sebelum Anda mempunyai kolam yang lebih besar lagi sebagai ladang bisnis. Dalam hal ini, informasi mengenai perawatan juga harus Anda pahami. Anda diharuskan mengganti air ketika sudah saatnya tiba agar ikan-ikan tidak keracunan. Anda dapat sewaktu-waktu memanen ikan gurame tersebut jika ingin membuatnya menjadi santapan lezat keluarga atau menunggu sudah banyak yang besar-besar untuk dijual. Itulah sekilas pengetahuan mengenai budidaya ikan gurame di kolam kecil sebagai kegiatan sambilan di rumah.

Budidaya selanjutnya tahapan cara budidaya ikan Guppy di aquarium
Tips Mudah Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri