Mudahnya Budidaya Ikan Sidat Air Tawar

Mudahnya Budidaya Ikan Sidat Air Tawar - Indonesia adalah negara dengan wilayah perairan yang lebih luas dibandingkan daratan, karena mempunyai perairan tiga perempat dan daratan hanya seperempat bagian. Oleh sebab itu Indonesia juga dikenal dengan negara maritim. Dengan begitu, Indonesia juga memiliki beragam jenis ikan yang hidup di laut maupun di air tawar, Ikan-ikan tersebut ada yang bisa dipelihara oleh perseorangan, misalnya budidaya ikan sidat air tawar. Budidaya ikan sidat ini akan memudahkan Anda penggemar ikan sidat untuk mengkonsumsinya kapanpun dengan dibuat kreasi makanan jenis apapun. Selain itu, juga akan menjadi peluang besar untuk berbisnis, karena ikan sidat juga sangat laku di pasaran.

cara budidaya sidat di rumah,pakan ikan sidat,budidaya sidat di kolam terpal,budidaya sidat cilacap,budidaya sidat dalam drum,

Langkah Pembudidayaan Ikan Sidat

Pembutan Kolam Ikan Sidat

Sebagai langkah awal budidaya ikan sidat air tawar, Anda perlu membuat kolamnya terlebih dahulu. Anda dapat memanfaatkan lahan kosong di rumah Anda sebagai kolam, baik menggunakan beton atau menggunakan terpal. Ukuran kedalaman kolam misalnya 70 cm dengan panjang dan lebar yang menyesuaikan. Dengan kedalaman 70 cm tersebut nantinya akan diisi air hanya 40 cm saja. Budidaya ikan sidat di kolam terpal dapat Anda lakukan bagi Anda pemula. Meskipun dengan terpal, ikan sidat dapat hidup dengan baik apabila perawatannya juga tepat. Air kolam harus mengandung cukup oksigen untuk ikan bertahan hidup.

Alat Alat Yang di Butuhkan

cara budidaya sidat di rumah,pakan ikan sidat,budidaya sidat di kolam terpal,budidaya sidat cilacap,budidaya sidat dalam drum,

Kemudian langkah selanjutnya budidaya ikan sidat air tawar adalah menyiapkan alat-alat dan keperluan, diantaranya adalah pompa air kolam yang idealnya adalah 2 buah. Kemudian mesin pompa udara juga dibutuhkan yang terdapat 12 lubang sebanyak 3 buah saja. Tidak lupa selang udara dan batu-batuan pelengkapnya seperti batu aerasi, zeloit, biball, arang. Membuat kolam juga harus terdapat filter. Nah, setelah kolam jadi, Anda juga diharapkan melakukan langkah pendederan dan pembesaran. Pendederan merupakan pengenalan benih-benih ikan sidat agar terbiasa dengan air kolam untuk hidupnya nanti.

2 Tahap Pendederan

cara budidaya sidat di rumah,pakan ikan sidat,budidaya sidat di kolam terpal,budidaya sidat cilacap,budidaya sidat dalam drum,

Untuk pendederan sendiri juga terdiri dari dua tahapan. Hal ini karena benih-benih ikan sidat harus beradaptasi dengan lingkungan barunya yang dalam hal ini berarti lingkungan kolam. Ketika tahap pendederan 1 sudah selesai, maka benih ikan akan lebih besar dari sebelumnya. Kemudian sebagai cara budidaya ikan sidat air tawar tahap pendederan 2, caranya sama dengan pendederan 1 agar didapatkan benih ikan sidat yang beratnya kurang lebih 10 gram untuk tiap ekornya. Setelah dua kali pendederan selesai, maka selanjutnya adalah memelihara ikan sidat pada kolam Anda, baik menggunakan kolam beton maupun kolam terpal.

Untuk ukuran kolamnya sudah diulas di atas. Perlengkapan dan alat-alat kolam diperlukan untuk menunjang keberhasilan dalam pemeliharaan, karena pemeliharaan dan perawatan ikan sidat yang baik akan menghasilkan ikan yang siap dipanen dengan berat ideal dan dalam jumlah yang cukup. Budidaya ikan sidat air tawar ini tidaklah sulit dan akan menjadi kegiatan Anda di rumah sebagai kegiatan sampingan. Berkah dari budidaya ikan sidat juga akan Anda dapatkan jika mampu menjualnya sebagai penghasilan tambahan. Biasanya untuk ukuran ikan ideal akan dihasilkan setelah pemeliharaan selama 5 bulan.

Budidaya Selanjutnya cara budidaya ikan weder dengan kolam sederhana
Mudahnya Budidaya Ikan Sidat Air Tawar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown