Kamis, 27 Agustus 2015

Cara Budi Daya Ikan Gurame Yang Berkualitas

Cara Budi Daya Ikan Gurame Yang Berkualitas - Ikan gurame selain memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak, ikan ini juga memiliki daging yang tebal dan enak dimakan. Inilah mengapa ikan gurame sering dijadikan bahan makanan yang sehat juga berkelas. Ikan gurame juga memiliki prospek bisnis yang cukup besar. Hal tersebut ditunjang dengan harga jual ikan gurame yang cukup tinggi. Kepopuleran ikan gurame juga ditunjang dengan sifat prestise yang ada dalam ikan jenis ini. Harganya yang mahal membuat ikan gurame banyak disajikan di restoran berbintang dan pada jamuan berkelas. Sehingga ini semakin mendukung harga jual ikan gurame yang tinggi. Nah, dalam artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana cara budi daya ikan gurame yang berkualitas.

cara budidaya ikan gurame,agar cepat besar,di kolam tembok,di kolam terpal,di kolam beton,pemijahan,ternak,mengembangbiakan,

Pengetahuan Budidaya Gurame

Waktu Pembudidayaan Ikan Gurame

Pembudidaya ikan gurame sebenarnya tidak terlalu banyak, padahal peluang di beberapa tempat sangatlah besar. Hal ini mungkin disebabkan oleh pembudidayaannya yang membutuhkan waktu relatif lama dibandingkan dengan jenis ikan lain seperti nila. Ikan gurame sendiri dapat dibudidayakan dengan cara budi daya ikan gurame yang memperhatikan konstruksi kolam. Ukuran kolam yang baik rata-rata sebesar 5x10 meter. Anda dapat melakukan budidaya ikan gurame di kolam terpal, kolam tanah, dan kolam semen juga dapat menggunakan keramba jaring apung. 

Kualitas Kolam

cara budidaya ikan gurame,agar cepat besar,di kolam tembok,di kolam terpal,di kolam beton,pemijahan,ternak,mengembangbiakan,

Apabila Anda membudidayakan ikan gurame dengan kolam terpal, Anda harus memperhatikan kualitas kolam terlebih dahulu sebelum dijadikan tempat pembudidayaan gurame. Sebelum membuat sebuah kolam untuk pembudidayaan ikan gurame, ada baiknya Anda membiarkan tanah yang akan dijadikan kolam hingga mengering dan retak-retak.

Hal ini ditujukan supaya untuk memastikan bahwa semua mikroorganisme mati dan setelah melakukan pengeringan hendaknya tanah digemburkan untuk menghilangkan kadar amonia. Cara budi daya ikan gurame lainnya adalah dengan menyebarkan kapur dolomit yang berfungsi sebagai penghilang kuman dan mikroorganisme yang tersisa di tanah. 

Cara Pengisian Air

Untuk memulai mengisikan air ke dalam kolam sendiri harus dilakukan secara bertahap. Pertama-tama, isikan air sampai kolam penuh dengan air selama seminggu. Hal ini bertujuan supaya biota kolam fitoplankton tumbuh subur. Kolam yang dipenuhi fitoplankton akan memiliki warna kehijauan disertai tumbuhnya lumut. Dan setelah itu, barulah gurame siap disebar.

Perawatan bibit gurame sendiri harus memperhatikan kebersihan air kolam ikan gurame. Cara budi daya ikan gurame juga termasuk melakukan pergantian air kolam yang dilakukan selama seminggu sekali. Air yang dikuras tentu harus diberikan air baru yang bertujuan untuk menjaga sirkulasi oksigen dalam air. 

Pemberian Pakan

Pakan ikan gurame yang kami sarankan adalah yang memiliki unsur nabati dan hewani. Gurame pada dasarnya adalah ikan herbivora, namun juga membutuhkan protein hewani yang dimiliki oleh kutu air atau cacing sutra sebagai makanan sumber protein hewaninya. Makanan pokok ikan gurame sendiri adalah pelet dan sayur hijau seperti selada air. Daun-daun yang bisa dijadikan makanan sebagai cara budi daya ikan gurame adalah daun singkong, kangkung, pepaya, dan juga tauge.

Budidaya selanjutnya cara budidaya ikan neon tetra yang cantik
Cara Budi Daya Ikan Gurame Yang Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya