Senin, 17 Agustus 2015

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Tembok Dan Keuntungan

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Tembok Dan Keuntungan - Ikan lele sangkuriang merupakan salah satu ikan yang bisa kita konsumsi dengan rasa yang gurih dan enak. Meskipun banyak yang kurang suka akan kehadiran ikan lele di meja makan, namun kenyataannya ikan lele selalu laris manis di pasaran. Para peternak lele sangkuriang menggunakan dua macam kolam untuk membudidayakannya. Adapun cara membudidayakan yang pertama bisa dilakukan di kolam terpal atau yang kedua yaitu di kolam tembok. Cara budidaya ikan lele di kolam tembok saat ini telah banyak dilakukan setelah menimbang beberapa hal. Adapun keuntungan yang bisa didapatkan dengan membudidayakan lele menggunakan kolam tembok adalah sebagai berikut:

cara budidaya ikan lele, di kolam terpal, gurame, ikan lele sangkuriang di kolam terpal, lele dalam kotak terpal, lele di kolam tembok, lele dumbo, panduan ternak lele,

Kolam Tembok

Tahapan Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Tidak ada aturan luas kolam

Membuat kolam dengan tidak adanya aturan khusus yang menjadikannya ideal tentang seberapa luas seharusnya kolam yang dibuat merupakan salah satu keuntungan. Sehingga meskipun cara budidaya lele sangkuriang di kolam beton dengan lahan sempit lele tetap bisa dipelihara dengan baik.

Perawatan kolam mudah

Lele merupakan ikan yang sangat kuat, sehingga ia akan tahan pada berbagai penyakit yang bisa saja menderitanya. Dan perawatan akan kolam lele sangkuriang yang tidak membutuhkan perlakuan khusus ini merupakan salah satu keuntungan bagi para peternak. Cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tembok dengan ukuran kolam yang sangat luas sekalipun tidak memerlukan perlakuan khusus.

Awet

Dengan cara budidaya lele sangkuriang di kolam tembok, maka kolam tersebut tidak akan cepat rusak dan awet hingga bertahun-tahun lamanya. Sedangkan memelihara ikan lele dengan menggunakan kolam terpal akan mudah sobek dan tidak tahan lama.

Lebih aman

Cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tembok memang lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan kolam yang lain. Karena kolam tembok tahan akan kemungkinan longsor yang terjadi ketika hujan. Selain itu bahan yang kuat yang terbuat dari tembok ini tidak akan mudah rusak terkena air hujan dan panas terik matahari secara bergantian.
cara budidaya ikan lele, di kolam terpal, gurame, ikan lele sangkuriang di kolam terpal, lele dalam kotak terpal, lele di kolam tembok, lele dumbo, panduan ternak lele,

 Ikan Lele Sangkuriang

Kualitas air lebih baik

Dengan menggunakan kolam tembok, maka air dalam kolam tidak akan mudah berubah-ubah keasamannya. Dengan demikian mutu dan kualitas air akan tetap terjaga. Hal ini tentu saja berbeda dengan cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tanah, yang akan mudah terkena longsor, dan air akan mudah bercampur dengan longsoran tanah.

Pengaturan lebih mudah

Cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tembok akan lebih mudah di atur aliran airnya. Selain dengan mengatur air, pengaturan pembagian lele dewasa dan anakan juga bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga tidak memakan waktu lama untuk melakukan pengaturannya.

Demikianlah keuntungan bertani lele dengan cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam tembok jika dibandingkan dengan menggunakan kolam lain seperti kolam tanah, atau kolam terpal.


Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Tembok Dan Keuntungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri