Cara Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Menguntungkan, Dengan Prospek Bagus!

Cara Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Menguntungkan, Dengan Prospek Bagus!Budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menggiurkan untuk Anda. Usaha budidaya ikan air tawar ini memang semakin hari kian semakin dicari karena memang sudah banyak orang yang membuktikannya bahwa usaha ini bisa meraup banyak keuntungan. Meningkatnya budaya ikan air tawar yang sangat menguntungkan ini tak lain akibat produksi perikanan hasil tangkapan semakin mengalami penurunan karena terjadinya overfishing. Hal inilah yang menyebabkan ikan air laut kian sulit untuk didapatkan. 

Dengan semakin sedikitnya produksi ikan air laut membuat produksi ikan air tawar harus ditingkatkan. Adapun beberapa contoh budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan adalah dengan membudidayakan beberapa ikan air tawar di Indonesia.

Jenis Ian Budidaya Prospek Bagus

Ikan Lele

cara budidaya ikan lele,proses cara budidaya ikan air tawar,cara budidaya ikan air tawar kolam terpal,cara budidaya ikan air tawar cepat panen,jenis budidaya ikan air tawar di lahan sempit,

Ikan lele merupakan sejenis ikan yang bisa dibudidayakan untuk menghasilkan keuntungan. Budidaya ikan air tawar yang menghasilkan keuntungan untuk lele ini bisa Anda jadikan sebagai referensi. Ikan lele merupakan sejenis ikan air tawar dengan dagingnya yang bertekstur lunak, berharga murah dan durinya yang sedikit. Selain itu, ikan lele termasuk jenis ikan dari air tawar yang begitu efisien ketika dibudidayakan. Adapun rasio pakan untuk menjadi daging pada ikan lele dapat mencapai rasio 1 : 1. Hal itu berarti bahwa untuk pemberian pakan dengan 1 kg ikan bisa menghasilkan 1 kg dalam pertambahan bobot ikan lele ini.

Ikan Mas

Cara Budidaya lele sangkuriang

Ikan Mas

Jenis budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan berikutnya adalah dengan membudidayakan ikan mas. Ikan yang satu ini termasuk budi daya ikan yang paling menguntungkan untuk dibudidayakan. Ikan mas ini sangat cocok jika dikembangkan pada lingkungan tropis, sama halnya dengan kondisi iklim di Indonesia. Adapun suhu ideal untuk pertumbuhan ikan mas ini sekitar 23 sampai 30oC. Adapun lokasi pembudidayaan ikan mas bisa dilakukan melalui jaring terapung, kolam air deras dan kolam tanah. Sehingga proses pembudidayaan dari ikan mas agar siap untuk dikonsumsi biasanya cukup memakan waktu hingga 4-5 bulan.

Ikan Nila

Cara Budidaya lele sangkuriang

Ikan Nila Merah

Budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan berikutnya adalah dengan membudidayakan ikan nila. Ikan nila memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus termasuk jenis ikan air tawar dengan pemeliharaan yang sangat mudah dan tidak begitu banyak penyakit yang mengganggu ikan ini. Tak hanya itu saja, proses pembibitan dari ikan nila ini juga tergolong mudah. Dimana sepasang indukan saja dapat menghasilkan sebanyak 250 sampai sebanyak 1000 butir telur anakannya. 

Ikan Gurame


Cara Budidaya lele sangkuriang

Ikan Gurame

Ikan yang juga sangat berpotensi untuk dibudidayakan adalah ikan gurame. Ikan gurame sejenis ikan yang sangat populer dan banyak penggemarnya. Selain itu, ikan gurame ini bisa dijual dengan harga yang lumayan mahal dan bisa disalurkan ke restoran-restoran tertentu. Ikan gurame di Jawa Barat sendiri bisa dibesarkan hingga berukuran 3 sampai 4 kg. Biasanya, ikan ini dibudidayakan di area kolam pekarangan rumah. Akan tetapi, berdasarkan ukurannya tersebut tidaklah ekonomis jika dilakukan dengan intensif. Dimana gurame bisa dibesarkan sampai ukuran ½ kg sampai 1 kg untuk tiap ekornya. 

Ya, itulah beberapa jenis budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan yang ada di Indonesia. Semoga menginspirasi Anda!

Budidaya selanjutnya tips budidaya ikan lele cepat panen di kolam terpal
Cara Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Menguntungkan, Dengan Prospek Bagus! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown