Kamis, 27 Agustus 2015

Cara Pembesaran Ikan Nila di Kolam Terpal Yang Cepat Panen

Cara Pembesaran Ikan Nila di Kolam Terpal - Ikan nila tentu menjadi ikan yang cukup favorit untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia. Meskipun ikan nila mudah ditemui dan didapatkan di mana saja, ternyata kebutuhan akan pasokan ikan nila juga cukup banyak. Ini membuat budi daya ikan nila menjadi salah satu ladang bisnis yang strategis terutama bagi Anda yang punya sifat telaten untuk mengembangbiakkan ikan. Ikan nila sendiri dapat dibiakkan di kolam-kolam sederhana, seperti kolam terpal. Pembesaran ikan nila di kolam terpal juga relatif mudah, hampir sama jika ikan nila dibiakkan di kolam tembok. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin membuat kolam terpal untuk ikan nila. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara budidaya ikan nila di kolam terpal.

cara budidaya ikan, resensi di kolam terpal,nila pdf,cara budidaya ikan patin kolam terpal,gurame,kolam terpal,kolam beton,nila merah,

Langkah Pembesaran Ikan Nila

Pembuatan kolam

Untuk membuat kolam terpal yang baik, Anda perlu memperhatikan letak kolam yang baik. Kolam yang baik supaya dapat memperlancar pembesaran ikan nila di kolam terpal harus cukup luas dan juga memiliki cahaya matahari secara langsung. Kolam juga harus memiliki kedalaman yang cukup yaitu sekitar 50 cm.

Galian tanah yang ada dapat Anda gunakan sebagai tanggul di tepi kolam dan diberi batako supaya permukaannya rata. Setelah itu, berilah sekam pada dasar kolam secara merata. Langkah selanjutnya adalah pemasangan terpal supaya kolam siap diberi air. Dan yang terakhir, beri batako pada pinggiran kolam supaya lebih aman dan juga rapi, terutama untuk mengantisipasi hembusan angin kencang yang dapat menyibakkan terpal.

Pasilitas Kolam

Sebelum Anda memasukkan air dan melakukan pengembangbiakan di kolam terpal, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti pematang yang sudah baik, juga saluran sirkulasi air yang berupa pembuangan dan pemasukan air. Anda juga dapat menyemprotkan pestisida terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa untuk memasang saringan dalam pintu masuk air. Setelah memasukkan air ke dalam kolam, tutuplah pintu masuk dan keluar air, dan biarkan kolam berisi air yang tergenang. Anda baru bisa memulai untuk melakukan proses pembesaran ikan nila di kolam terpal pada hari ke 5 sampai 7 setelah pengisian air di kolam.

Memperhatikan Benih Ikan Nila

Ketika Anda menebarkan benih ikan nila di kolam, ada baiknya Anda memperhatikan ukuran benih nila yang akan Anda sebarkan yaitu baiknya berukuran 8 sampai 12 cm. Berat ikan juga ada baiknya sekitar 30 gram per ekornya. Untuk perbandingan dengan ukuran kolamnya, disarankan ada 5 sampai 10 ikan per meter kolam, dan jangan lebih dari itu. Anda dapat melakukan pembesaran ikan nila di kolam terpal dalam kurun waktu sekitar 6 bulan hingga ikan nila terlihat besar dan memiliki berat sekitar 400 sampai 600 gram per ekornya.

Pakan Ikan Nila dan Asupan gizi

cara budidaya ikan, resensi di kolam terpal,nila pdf,cara budidaya ikan patin kolam terpal,gurame,kolam terpal,kolam beton,nila merah,

Untuk asupan gizi yang harus Anda perhatikan supaya benih ikan Anda tumbuh menjadi ikan panenan yang baik dan berkualitas, Anda perlu memberikan beberapa kandungan gizi dalam makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan nila. Makanan tersebut akan baik apabila mengandung zat protein sebesar 20% sampai 30%. Makanan tersebut juga harus memiliki kandungan lemak maksimal sebanyak 70%, dengan karbohidratnya sebesar 63% sampai 73%. Dan pakan yang baik untuk pembesaran ikan nila di kolam terpal adalah kaliandra, kipat, kecubung, dan kihujan.

Budidaya selanjutnya tips dan cara budidaya ikan gurami di kolam tembok
Cara Pembesaran Ikan Nila di Kolam Terpal Yang Cepat Panen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya