Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam Rumah untuk Pemula

Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam Rumah untuk Pemula - Memelihara ikan koi di kolam rumah adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan, disamping itu memelihara ikan koi dalam kolam juga dapat menjadi bagian ornamen indah dalam rumah. Kehadiran ikan koi akan membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman. Oleh sebab itu kamu perlu mengetahui cara memelihara ikan koi di kolam rumah, terutama bagi kamu para pemula. Rumah pasti lebih indah dengan adanya kolam ikan koi. Bayangkan saja di halaman belakang rumahmu ada sebentuk kolam ikan warna-warni.

cara budidaya iakan, memelihara ikan koi bagi pemula,koi di kolam terpal,koi di aquarium,koi supaya cepat besar,kolam terpal,kolam tanah,kolam tembok,di kolam,


Biasanya ikan koi dipelihara dalam aquarium. Namun untuk membuat ikan koi dapat di pelihara di dalam kolam rumah ternyata tidaklah sulit. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara memelihara ikan koi di kolam rumah buat pemula. Cara merawat ikan koi di kolam memang membutuhkan beberapa detail yang harus diperhatikan.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tingkat kedalaman kolam. Kedalaman kolam sebaiknya lebih dari 80 cm karena jika kolam terlalu dangkal akan berbahaya bagi ikan jika ada hewan pengganggu diatasnya. Selain itu kedalaman kolam berfungsi untuk mengatur temperature air ketika panas matahari begitu terik atau curah hujan sangat tinggi.

Ada yang membuat kolam dalam lokasi terbuka meski di halaman rumah. Cara memelihara ikan koi di kolam rumah dengan lingkungan terbuka adalah membuat pelindung bagi kolam. Hal utama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa tidak seluruh bagian kolam terkena sinar matahari karena menyebabkan cepat berubahnya temperature air kolam.

Jika hal itu terjadi dapat mempercepat tumbuhnya lumut-lumut yang mempengaruhi kejernihan air di dalam kolam. Pastinya kebersihan kolam juga berpengaruh pada pertumbuhan ikan koi. Oleh karena itu, buatlah pelindung berupa atap yang dapat menutupi kolam. Cara merawat ikan koi di dalam kolam terbuka ini perlu Anda perhatikan.

cara budidaya iakan, memelihara ikan koi bagi pemula,koi di kolam terpal,koi di aquarium,koi supaya cepat besar,kolam terpal,kolam tanah,kolam tembok,di kolam,

Selain membuat atap untuk mengurangi terik matahari secara langsung, hendaknya kamu juga perlu menempatkan tanaman pelindung di pinggiran kolam. Gunakan saja tanaman teratai lili air di dalam kolam bagian samping. Tidak hanya membuat kolam menjadi teduh, tanaman ini juga dapat memperindah kolam. Namun cara memelihara ikan koi di kolam rumah yang satu ini ada satu hal yang perlu kamu perhatikan yaitu jangan menanam tanaman yang terlalu besar sebab akarnya dapat mengganggu koi. Pastikan pula bahwa dedaunan dari tanaman pelindung tidak jatuh ke kolam.

Jika dedaunan sudah terlanjur jatuh, segera bersihkan. Dedaunan bisa membusuk dan menjadi lumut melayang kemudian air keruh. Air yang keruh inilah yang membuat pertumbuhan koi buruk. Budidayakan apapun memang selalu memperhatikan kebersihan kolam. Demikian pembahasan mengenai cara memelihara ikan koi di kolam rumah. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Budidaya selanjutnya cara budidaya ikan Gurami di aquarium
Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam Rumah untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown