Kamis, 20 Agustus 2015

Panduan Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium

Panduan Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium - Budidaya ikan mas koki di akuarium kini mulai dilirik oleh pecinta ikan hias untuk menyalurkan hobi koleksi ikan hias sekaligus menjadi sesuatu yang menghasilkan. Bagi Anda yang belum pernah mencoba mengembang biakkan ikan koki bisa belajar bagaimana cara budidaya ikan koki di lahan kecil seperti aquarium. Sebenarnya cara budidaya ikan mas koki juga sangat mudah, bagi yang belum pengalaman juga tidak perlu takut budidaya ini akan gagal karena sangat minim resiko kerugiannya. Adapun panduan budidaya ikan mas koki ini bisa dilihat dalam uraian di bawah ini:

cara budidaya ikan, merawat ikan mas koki di akuariummas koki di akuarium,koki di kolam terpal,mas koki oranda,jenis,harga,telur,cara pemijahan ikan mas koki,termahal, terbagus ,tercantik,

• Menyiapkan media aquarium

Keterbatasan lahan bukan lagi menjadi penghalang untuk bisa kreatif, ikan mas koki bisa dikembangbiakkan dengan budidaya ikan mas koki di akuarium kecil. Sarat untuk budidaya ikan mas koki di akuarium minimal harus memiliki 4 akuarium dengan ukuran dimensi panjang akuarium 80 cm, lebar akuarium 40 cm dan tinggi akuarium 40 cm.

• Air untuk akuarium

Air yang dimasukkan ke dalam akuarium tidak harus memenuhi seisi ruang akuarium, cukup masukkan air sampai sebatas tinggi 20 cm. Ada yang harus diperhatikan sebelum Anda menuangkan air ke dalam akuarium yaitu sesuaikan ph air dengan cara mendiamkan kurang lebih 30 menit sebelum dimasukkan ke akuarium. Cara ini hampir sama dengan budidaya ikan mas koki di kolam dengan menetralkan kadar ph air sebelum ikan koki dimasukkan ke kolam. Cara dan panduan budidaya ikan mas koki di akuarium juga memperhatikan kadar oksigen dalam air kurang lebih 25ppm.

• Pemilihan bibit dan pemijahan

Tahap selanjutnya adalah menyeleksi bibit ikan mas koki antara jantan dan betina, jika kita akan memilih indukan yang baik tentu harus memilih bibit terbaik. Misalnya indukan yang tidak terserang penyakit dan jamur, serta ukuran ikan masa koki cukup besar dengan warna yang menarik. Sayangnya selama ini banyak petani tradisional yang kurang memperhatikan kualitas indukan pada saat akan budidaya ikan mas koki di akuarium maupun kolam. Setelah memilih indukan yang baik maka selanjutnya Anda bisa memasukkan ke kolam akuarium.
cara budidaya ikan, merawat ikan mas koki di akuariummas koki di akuarium,koki di kolam terpal,mas koki oranda,jenis,harga,telur,cara pemijahan ikan mas koki,termahal, terbagus ,tercantik,

Dalam proses pemijahan ikan mas koki pejantan dan betina perbandingannya kurang lebih 2:1. Dengan kata lain adalah ikan koki betina jumlahnya lebih banyak dibanding ikan koki jantan. Anda juga harus bersabar menunggu proses pemijahan, karena ikan tidak langsung bisa mengalami proses perkawinan. Hal ini bisa ditandai dengan ciri-ciri ikan saling berlarian berkejaran. Itu merupakan tanda ikan sedang melangsungkan perkawinan kemudian sel telur akan dibuahi di luar bukan didalam.

Setelah pemijahan selesai, selanjutnya pindah indukan ke akuarium yang kosong, biarkan akuarium untuk pemijahan dibuahi dan akan menghasilkan benih. Tahap ini Anda harus lebih merawat benih dengan memberi asupan makanan misalnya kuning telur dan lakukan sampai benih tumbuh perlahan membesar. Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya ikan mas koki di akuarium, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Budidaya selanjutnya cara memelihara ikan koi di kolam rumah untuk pemula
Panduan Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri