5 Cara budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal Mudah

5 Cara budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal Mudah - Untuk Anda para penggemar ikan tentunya tahu pasti bagaimana nikmatnya ikan gabus saat dimakan. Jika selama ini Anda hanya bisa membelinya, maka Anda bisa juga menjual dan mengkonsumsinya. Caranya adalah dengan beternak ikan gabus di kolam. Anda bisa memanfaatkan lahan kosong Anda yang tidak terpakai. Tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk membuat kolam dari beton, karena Anda bisa membuat kolam ikan gabus dengan menggunakan terpal. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal yang mudah dan menghasilkan sebenarnya tidak sulit, jika Anda tertarik, bisa melihat caranya berikut ini.

belut kolam terpal, cara budidaya ikan gabus lengkap, gabus, gurame di kolam terpal, lele kolam terpal, nila di kolam terpal, patin di kolam terpal pdf, ternak ikan gabus di kolam terpal,

Panduan Cara Budidaya Ikan Gabus

• Pilih indukan jantan dan betina

Langkah pertama yang dilakukan untuk ternak ikan gabus di kolam terpal adalah dengan memilih indukan jantan dan betina, yaitu dengan melihat tampilan ikan gabus secara fisik. Adapun ciri-ciri ikan gabus jantan adalah memiliki kepala berbentuk oval, warna tubuh gelap, jika di urut mengeluarkan cairan bening, dan lubang genital berwarna merah. Adapun ciri fisik pada betinanya adalah warna tubuh lebih terang dengan kepala yang bulat dan perut membesar. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal yang baik adalah pilih Induk yang baik, pilih ikan gabus jantan yang beratnya telah mencapai 1 KG.

• Pemijahan

cara budidaya ikan,ternak ikan gabus di kolam terpal,nila di kolam terpal,lele kolam terpal,patin di kolam terpal pdf,gurame di kolam terpal,belut kolam terpal,

Bibit ikan gabus akan dihasilkan jika pemijahan berlangsung sukses. Yang perlu dipersiapkan adalah bak dari beton dengan ukuran panjang 7 m x 4 m x 2 m. Kemudian keringkan bak ini selama 3 hingga 4 hari. Setelah itu barulah bak beton ini di isi dengan air hingga 50 cm. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal akan sedikit sulit saat pemijahan, karena akan lebih baik jika air dibiarkan mengalir, sedangkan menggunakan terpal cukup sulit untuk mengalirkannya. Kemudian tutupi kolam tersebut dengan menggunakan enceng gondok. Dan masukkan pejantan 30 dan betina 30 dalam bak tersebut, lalu jika sudah bertelur, bawa dengan menggunakan skupnet yang halus dan telur pun siap menetas.

• Penetasan

Agar proses penetasan bisa di kontrol dengan mudah, maka sebaiknya proses dilakukan dengan menggunakan akuarium. Sehingga jika cara budidaya ikan gabus di kolam terpal yang Anda lakukan, sebaiknya Anda tetap menyediakan akuarium untuk hasil terbaik.

• Pemeliharaan larva

Untuk pemeliharaan larva ikan gabus dapat dimulai sejak 2 hari setelah menetas hingga ikan tersebut berusia 15 hari. Ikan gabus yang masih bayi ini juga harus diberi pakan, yaitu nauplii Artemia. Untuk mendapatkan pakan ikan gabus ini Anda bisa beli di toko ikan atau toko pakan ternak.

Selanjutnya ikan sudah siap untuk menempati kolam baru. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal tidak perlu menunggu untuk pengeringan hingga satu minggu. Namun jika Anda menggunakan kolam beton, maka Anda harus menunggu hingga 1 minggu baru boleh digunakan.

Budidaya selanjutnya  tips dan cara budidaya ikan air tawar di lahan sempit
5 Cara budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown