Rabu, 26 Agustus 2015

Budidaya Ikan Lele di kolam Tembok dan Kelebihannya

Budidaya Ikan Lele di kolam Tembok dan Kelebihannya - Ikan lele adalah salah satu jenis ikan budidaya yang sangat memiliki nilai ekonomis tinggi. Siapa yang tidak kenal dengan ikan lele. Ikan ini pasti selalu menjadi makanan favorit di setiap warung pinggir jalan yang menjajakan makanannya pada malam hari. Ada beberapa cara memelihara ikan lele. Salah satu cara budidaya ikan lele yang dinilai menguntungkan sendiri adalah budidaya ikan lele di kolam tembok. Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang tidak ribet untuk dibudidayakan sehingga Anda bisa mudah untuk mencoba budidaya ikan lele ini menggunakan kolam tembok buatan sendiri.

cara budidaya ikan lele di kolam tembok,kolam beton,,kolam tanah,kolam terpal,lele di kolam tembok,gurame di kolam tembok,nila di kolam tembok,

Tahapan Budidaya Lele Kolam Tembok

Ideal Ukuran Kolam

Cara budidaya ikan lele di kolam tembok sebenarnya tidak jauh berbeda dengan budidaya ikan lele dalam kolam tanah atau terpal. Pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah membuat kolam tempat Anda membudidayakan ikan nantinya. Biasanya ukuran kolam yang dibangun untuk budidaya ikan lele adalah 1x3 meter paling kecil.

Sedangkan pada umumnya kolam dibuat dengan ukuran 2x 5 meter. Setelah kolam dibuat, Anda tidak bisa langsung melakukan budidaya ikan lele di kolam tembok. Anda masih harus menunggu beberapa hari agar berbagai kandungan berbahaya dari hasil pengecoran tembok tidak lagi berpengaruh pada ikan lele.

Langkah Persiapan Kolam

Untuk membuat kolam tembok siap digunakan untuk budidaya lele Anda harus melakukan beberapa hal. Pertama adalah mengisi bak budidaya dengan air sebanyak ½ dari tinggi kolam. Selanjutnya Anda masukkan pelepah pisang sebanyak mungkin. Nantinya pelepah pisang ini akan mengikat senyawa yang tidak baik yang ada pada kolam. Setelah pelepah pisang membusuk kurang lebih 2 minggu baru, Anda bisa mulai untuk budidaya ikan lele di kolam tembok.

Sebelum ikan dimasukkan Anda harus terlebih dahulu memberikan pupuk kandang pada dasar kolam. Selanjutnya berikan pula kapur pupuk agar PH dalam air bisa diatur dengan baik. Jika semua siap baru Anda bisa memasukkan bibit ikan lele dalam kolam.

Perhatian Terhadap Sirkulasi Oksigen Dalam Kolam


cara budidaya ikan lele di kolam tembok,kolam beton,,kolam tanah,kolam terpal,lele di kolam tembok,gurame di kolam tembok,nila di kolam tembok,

Dalam budidaya ikan lele di kolam tembok Anda harus melakukan perawatan kolam yang baik. Agar sirkulasi oksigen selalu baik dalam kolam Anda harus mengganti air dalam kolam secara berkala. Anda bisa membuat lubang seukuran selang paralon sebagai saluran pembuangan. Jangan lupa untuk menutup pintu pembuangan dengan jaring agar ikan tidak ikut keluar melalui saluran pembuangan tersebut.

Selain itu kolam juga harus rutin dibersihkan dengan demikian kondisi kolam bisa tetap segar. Untuk pakannya Anda bisa memberikan pelet secara rutin dua kali sehari agar ikan cepat tumbuh besar. Cara budidaya ikan lele di kolam beton memang sangat mudah dengan potensi budidaya ikan lele yang sangat menguntungkan bisa menjadi bisnis yang menarik untuk Anda.

Kemudahan Dalam Budidaya Dalam Kolam Tembok

Ada beberapa keuntungan dengan melakukan budidaya ikan lele di kolam tembok. Dimana dengan melakukan budidaya ikan lele dengan menggunakan kolam tembok maka kita akan lebih mudah untuk membersihkan kolam. Selain itu kolam juga lebih awet dan tidak mudah rusak. Kondisi air juga bisa selalu terjaga karena tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Dan terpenting dalam pembuatan kolam ikan untuk budidaya dengan bahan semen juga sangat mudah dan tidak memakan biaya banyak.

Budidaya selanjutnya budidaya ikan sepat siam yang menguntungkan
Budidaya Ikan Lele di kolam Tembok dan Kelebihannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya