Senin, 17 Agustus 2015

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Beton Yang Aman Untuk Jangka Panjang

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Beton Yang Aman Untuk Jangka Panjang - Siapa sih yang tidak mengenal ikan lele? Ikan lele dapat mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Ikan yang satu ini mudah dikreasikan menjadi berbagai macam masakan, seperti pecel lele, lele penyet, gulai ikan lele, mangut lele, bahkan untuk dibuat keripik.

Budidaya ikan lele di kolam beton akan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan, mengingat ikan lele pasti laku di mana-mana. Banyak warung-warung sampai restoran besar yang menyediakan ikan lele sebagai salah satu menu masakan. Oleh sebab itu, meskipun dimana-mana terdapat ikan lele, tetap memungkinkan Anda untuk membudidayakannya lalu dijadikan ladang bisnis.

cara budidaya ikan lele,di kolam beton,di kolam tanah,ikan lele di kolam terpal pdf,lele sangkuriang di kolam terpal,gurame di kolam tembok,nila di kolam tembok,

Beberapa hal yang perlu Anda pahami ketika akan melakukan budidaya ikan lele di kolam beton adalah dengan mempersiapkan kolam yang landai menuju pintu keluar dengan kemiringannya sebesar 5 derajat. Pipa pembuangan air kotor hendaknya dapat juga membuang apa yang ada pada lapisan dasar, karena di sini terdapat berbagai endapan yang kotor yang harus ikut dikeluarkan ketika akan mengganti air kolam.

Ternak lele kolam beton sudah banyak dilakukan oleh banyak orang, karena selain tahan lama, ikan lele juga akan lebih aman jika di kolam beton ini. Tetapi memang Anda membutuhkan budget yang lebih besar untuk membangun kolam beton.

Meskipun begitu, Anda akan dengan segera mendapatkan hasil yang maksimal jika merawat ikan lele dengan baik sampai bisa dipanen. Budidaya ikan lele di kolam beton juga menjadi pilihan yang tepat jika Anda berniat memelihara ikan lele dalam jangka waktu yang lama mengingat kolam beton ini awet atau tahan lama dan tidak mudah bocor.

Mengenai kedalaman air adalah 0,5 sampai 1 meter, kemudian hendaknya diberi jarak minimal 25 cm dari bibir kolam pada permukaan air. Hal ini dilakukan agar lele tidak mudah meloncat ke luar kolam. Lele sangat mudah meloncat-loncat dan meloloskan diri apabila terdapat lubang atau kebocoran pada kolam. Itulah sebabnya membudidayakan ikan lele di beton atau semen akan lebih aman dibandingkan budidaya ikan lele kolam terpal.

cara budidaya ikan lele,di kolam beton,di kolam tanah,ikan lele di kolam terpal pdf,lele sangkuriang di kolam terpal,gurame di kolam tembok,nila di kolam tembok,

Akan lebih baik lagi jika dipasang plastik-plastik licin dan cukup tebal di pinggiran kolam, untuk mengantisipasi kalau-kalau lele meloncat-loncat ke atas kolam. Hal ini tentunya juga akan lebih aman dari hewan-hewan lain yang ada di luar kolam. Budidaya ikan lele di kolam beton mengharuskan Anda sering mengganti airnya ketika sudah kotor.

Kotoran berasal dari kotoran ikan lele dan sisa-sisa makanan yang tergenang. Jika dibiarkan terlalu lama sampai airnya sangat bau dan berkeruh, maka tidak baik untuk pertumbuhan lele. Lele akan tumbuh terhambat dan dapat berbeda ukuran antara ikan yang satu dengan yang lain meskipun usianya sama.

Benih-benih ikan lele yang ideal untuk dipelihara adalah dengan ukuran 3 sampai dengan 5 cm. Kemudian Anda dapat memeliharanya dengan baik dengan perawatan air maupun pakan yang tepat. Pakan untuk ikan lele dapat menggunakan bungkil kelapa, ampas tahu, bungkil kacang, dan bekicot yang dipotong-potong. Budidaya ikan lele di kolam beton untuk mencapai usia ideal dipanen adalah sekitar 6 bulan. Pada saat ini, ukuran lele juga sudah cukup besar dan cukup banyak dagingnya. Kebutuhan air bersih dan makanan yang cukup akan membuat ketahanan hidup lele tinggi dalam artian lele tidak akan banyak yang mati sebelum dipanen.

Budidaya berikutnya Tips dan trik cara ternak ikan lele sangkuriang
Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Beton Yang Aman Untuk Jangka Panjang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri