Rabu, 26 Agustus 2015

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton yang Menguntungkan - Budidaya ikan nila saat ini adalah salah satu bisnis yang sangat memiliki prospek. Kita sendiri tahu jika sekarang ini kebutuhan ikan nila semakin besar. Terlebih sekarang ini ikan nila juga menjadi salah satu komoditas ekspor yang semakin tahun prospeknya semakin naik. Budidaya ikan nila juga bisa dilakukan pada tempat apa saja termasuk juga kolam beton. Cara budidaya ikan nila di kolam beton sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan juga ribet. Namun untuk melakukan budidaya ikan Anda harus sabar dan juga teliti.
cara budidaya ikan,cara memelihara ikan nila di kolam beton,kolam kecil,kolam terpal,kolam tanah,kolam rumah,air tenang,resensi kolam terpal,nila di kolam terpal pdf,

Menakar Jumlah Ikan Sesuai Dengan kolam

Cara budidaya ikan nila di kolam beton ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, Anda harus memperhatikan ukuran dari kolam ikan yang Anda buat. Anda haruslah menyesuaikan ukuran kolam ikan dengan jumlah ikan yang ada pada kolam. Jika jumlah ikan berlebih, maka bisa membuat ada beberapa ikan yang tidak tumbuh dan bisa juga mati karena tidak mendapat makanan. Setelah kolam dibuat pada dasar kolam terlebih dahulu Anda beri pupuk kandang pada dasarnya. Berikutnya di atas pupuk kandangan Anda bisa berikan daun-daun kering dan atau jerami kering. Selanjutnya tinggal Anda berikan atau taburkan garam pada kolam agar air bisa terasa asin. Keadaan ini harus terlebih dahulu dibiarkan selama dua hari baru Anda bisa menambahkan air di kolam.

Cara memelihara ikan nila di kolam beton yang selanjutnya Anda harus memilih bibit ikan nila. Anda bisa membeli bibit ikan nila yang banyak dijual di penjual bibit ikan di toko ikan atau pasar dekat rumah Anda. Cara budidaya ikan nila di kolam beton ketika Anda sudah memiliki bibit dan sukses melakukan pembesaran bibit sebaiknya Anda mulai belajar untuk memilih bibit ikan yang unggul. Hal ini bertujuan agar Anda bisa melakukan pemijahan sendiri sehingga Anda bisa menciptakan bibit ikan nila unggul milik Anda sendiri.
cara budidaya ikan,cara memelihara ikan nila di kolam beton,kolam kecil,kolam terpal,kolam tanah,kolam rumah,air tenang,resensi kolam terpal,nila di kolam terpal pdf,

Perawatan Ikan Nila

Cara budidaya ikan nila di kolam beton yang harus dilakukan selanjutnya adalah merawat ikan. Merawat ikan harus dilakukan dengan baik, teliti dan rutin. Pertama Anda haruslah selalu memberikan ikan makanan pada pagi dan sore hari. Selalu beri makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ikan. Jika perlu dalam masa sebulan sekali Anda bisa memberikan makanan vitamin. Anda harus memperhatikan kebersihan kolam agar si ikan tidak mudah sakit. Dan pembesaran ikan nila dalam kolam beton bisa berjalan baik Anda bisa menggunakan pompa untuk selalu membuat air mengalir. Karena ikan nila adalah ikan sungai maka dengan mengalirkan air pada kolam akan membuat ikan berasa dalam habitat aslinya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penyakit yang mungkin dialami pada ikan. Ada beberapa hal yang bisa membuat ikan sakit yakni stress, jamur, dan bakteri. Ikan juga bisa sakit karena kalah dalam berebut makanan dengan ikan lain sehingga ikan menjadi kurang makan. Nah, untuk itu Anda harus memperhatikan tanda penyakit ikan dan langsung memisahkan ikan sakit pada kolam tersendiri. Hal terakhir yang dilakukan pada cara budidaya ikan nila di kolam beton tentunya adalah panen. Proses pembesaran ikan biasanya dilakukan selama maksimal 6 bulan baru ikan bisa dipanen.

Budidaya selanjutya cara memelihara ikan koi di aquarium dengan benar
Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya