Selasa, 25 Agustus 2015

Prospek dan Metode Budidaya Udang Galah di Kolam Terpal

Prospek dan Metode Budidaya Udang Galah di Kolam Terpal - Budidaya udang galah di kolam terpal termasuk salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Indonesia sendiri termasuk perintis dalam hal budi daya udang galah atau udang air tawar. Hanya saja, di Indonesia khususnya daerah Kalimantan dan Sumatera pasar udang air tawar ini didominasi oleh produksi udang hasil tangkapan di sungai. Udang galah yang berasal dari tangkapan sungai ini tentunya berukuran lebih besar, bahkan untuk tiap kg sendiri dapat berjumlah 3-4 ekor udang air tawar atau udang galah. Namun dengan dikenalnya metode budidaya udang galah di kolam terpal, bisa menjadi prospek yang bagus ke depannya.

cara budidaya udang galah di kolam terpal,udang galah air tawar,udang vaname,di rumah,pendederan dan pembesaran,teknik,udang galah pdf,

Udang galah merupakan sejenis udang air tawar yang dijual dengan harga yang relatif mahal. Jadi, sangat layak jika kita melakukan budidaya udang galah di kolam terpal untuk mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Untuk melakukan budi daya udang galah ini, tentu kita harus melewati beberapa tahapan proses budidaya udang galah di kolam terpal.

Metode Budidaya Udang Galah

• Kolam Untuk Pemeliharaan Udang

Untuk pembuatan kolam terpal sendiri, Anda bisa menyamakannya dengan kondisi kolam tanah dengan ketinggian 0-700 meter pada permukaan laut. Untuk memenuhi kriteria air yang berkualitas saat pemeliharaan udang, tentu kita harus selalu merawat dan menjaga kebersihan sekaligus kualitas air pada kolam terpal yang dibuat. Di mana, air harus selalu bagus, tidak berpolusi dan bebas terhadap pencemaran air. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan air kolam terpal untuk melakukan budidaya udang galah di kolam terpal.

• Pengelolaan Air

cara budidaya udang galah di kolam terpal,udang galah air tawar,udang vaname,di rumah,pendederan dan pembesaran,teknik,udang galah pdf,

Untuk pertumbuhan udang galah yang baik, Anda harus selalu memperhatikan sirkulasi air. Sebaiknya gunakan air kolam yang terus mengalir. Dengan kolam pemeliharaan yang media airnya tak mengalir, akan mempengaruhi kualitas air yang menurun ketika 1 bulan dari masa pemeliharaan berlangsung. Dengan demikian, Anda harus melakukan proses penggantian air sekitar 30-50 % untuk di ganti dengan air baru. Pastikan air memiliki pH 6,5-8,5 dengan suhu atau temperatur optimal pertumbuhan udang galah pada kolam terpal sekitar 28-30 derajat celcius dengan oksigen terlarut yang berkadar minimal 4 ppm, kandungan salinitas 0-5 ppt dengan kadar Ca minimal hingga 52 ppm.

 • Pencegahan Terhadap Penyakit dan Hama

Dalam budidaya udang galah di kolam terpal, perlu adanya pencegahan terhadap penyakit dan hama melalui metode pemeriksaan secara visualisasi akan adanya organisme yang bersifat patogen ataupun kompetitor. Sebenarnya pada kolam terpal ini, akan lebih mudah untuk menyeleksi hama atau pengganggu yang masuk ke dalam kolam. Karena Anda bisa melihat secara langsung apa saja yang bisa membahayakan pertumbuhan udang.

• Pemanenan

Tahap pemanenan pada udang air tawar ini membutuhkan waktu 4-6 bulan, bisa juga lebih berdasarkan ukuran yang saat ini dibutuhkan para konsumen. Umumnya, udang air tawar dapat dijual ketika sudah mencapai 20-25 gr per ekornya.

Prospek dan Metode Budidaya Udang Galah di Kolam Terpal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya