Inilah Keuntungan Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Inilah Keuntungan Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal - Budidaya ikan mujair di kolam terpal bisa menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang menjanjikan untuk Anda. Ikan mujair adalah sejenis ikan tawar yang kian banyak dikonsumsi manusia. Ikan mujair memiliki tekstur daging lembut dengan rasa yang gurih, sehingga banyak orang yang menggemari jenis ikan air tawar yang satu ini. Hal inilah yang menjadi alasan prospek budidaya ikan mujair di kolam terpal kian menguntungkan. Ikan mujair mempunyai persebaran secara alami di area perairan di Afrika. Berdasarkan namanya, awal ditemukannya ikan yang satu ini di Indonesia yaitu oleh seseorang bernama Pak Mujair.

cara budidaya ikan mujair di kolam terpal,patin,gurame,terpal pdf,gabus,resensi,nila,pembuatan,

Ikan mujair pertama kali dijumpai, di area muara sungai serang, pantai selatan di Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939 oleh Pak Mujair tadi. Di Indonesia sendiri kita bisa melakukan budidaya ikan mujair di kolam terpal dengan jenis ikan mujair yang bisa dipilih sesuai selera, seperti mujair merah, mujair nila dan mujair biasa.

Bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan mujair, sebenarnya bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui kolam tanah dan kolam terpal. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai pembudidayaan dari ikan mujair pada kolam terpal. Hal ini berguna bagi calon petani yang ingin membudidayakan ikan mujair namun tidak memiliki banyak lahan kosong. Selain itu, pemilihan budidaya ikan mujair di kolam terpal ini memiliki banyak keunggulan.

Beberapa Keuntungan Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

• Bisa di Aplikasikan di Darah Kurang Air

Biasanya budi daya ikan di area kolam tanah khususnya area pesisir pantai dengan tanah berporos, bisa menjumpai berbagai macam kendala. Sebab, air akan semakin berkurang akibat langsung meresap pada tanah. Hal inilah, mengapa budidaya ikan mujair di kolam terpal menjadi pilihan untuk Anda yang berada di lokasi ini.

• Suhu Air Lebih Stabil

Dengan membudidayakan ikan mujair di kolam terpal, tentunya Anda tak perlu lagi khawatir tentang suhu yang tertera pada air tersebut. Karena suhu air pada kolam terpal ini lebih stabil. Hal ini dikarenakan, kolam terpal bisa menahan terjadinya fluktuasi suhu air kolam yang berubah dan umum terjadi ketika mengalami perubahan musim.

Hal ini juga biasanya terletak saat pemasangan alas sekam sebelum pemasangan terpal. Di musim kemarau, bagian alas sekam ini akan disiram air supaya cepat busuk. Dengan pembusukan inilah yang menyebabkan keluarnya panas yang bisa menjaga temperatur air kolam dalam kisaran yang ideal, khususnya untuk budi daya ikan mujair.

• Tak Menimbulkan Bau Tanah

Keuntungan budidaya ikan mujair di kolam terpal berikutnya adalah ikan mujair yang dihasilkan tak akan berbau tanah. Umumnya, pada budi daya ikan di area kolam tanah akan menghasilkan ikan yang berbau lumpur atau tanah. Sebagai imbasnya, ikan mujair yang tak berbau lumpur ini tentunya lebih banyak disukai konsumen di bandingkan ikan yang berbau lumpur.

• Lebih Mudah Menuju Tahap Panen

cara budidaya ikan mujair di kolam terpal,patin,gurame,terpal pdf,gabus,resensi,nila,pembuatan,

Dengan ukuran kolam yang tak terlalu besar, biasanya panen ikan mujair melalui kolam terpal ini tergolong lebih mudah. Tak hanya itu saja, di bagian dasar pada kolam terpal sendiri tidak terdapat lumpur sehingga memudahkan petani ketika panen ikan mujair.

Ya, itulah beberapa keuntungan budidaya ikan mujair di kolam terpal untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Budidaya selanjutnya  budidaya ikan cupan hias yang indah
Inilah Keuntungan Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown