Kamis, 20 Agustus 2015

Cara Budidaya Udang Vaname Yang Baik Secara Tradisional

Cara Budidaya Udang Vaname Yang Baik Secara Tradisional - Kini banyak masyarakat yang mencari cara budidaya udang vaname yang baik secara tradisional, sebab jenis udang vaname memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Masyarakat juga banyak yang melirik jenis udang dengan nama latin Litopeneaus Vannamae ini karena lebih tahan dari serangan penyakit dan tahan dengan cuaca. Metode memelihara udang vaname juga bisa dilakukan secara tradisional termasuk bagi kelas pemula. Jika Anda ingin mencoba merambah jenis usaha ini tapi belum tahu persis cara memeliharanya bisa menyimak caranya dalam artikel ini.

cara budidaya ikan,budidaya udang vaname tradisional plus,dengan plastik mulsa,supra intensif,air tawar,artikel,semi intensif,di kolam terpal,pdf,

Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa memelihara udah membutuhkan moda besar dan perawatan ekstra, padahal hal itu tidak sepenuhnya benar. Sebab jenis udang vaname termasuk udang yang pertumbuhannya lebih cepat panen, meskipun usaha ini dilakukan dengan cara budidaya udang vaname yang baik secara tradisional yang minim modal. Dalam hitungan kurang lebih 100 hari dalam masa pemeliharaan, jika menerapkan cara budidaya udang vaname yang baik sudah bisa menikmati hasil panen yang menguntungkan. Adapun cara memelihara udang vaname tradisional membutuhkan beberapa penanganan khusus.

Cara Budidaya Udang Vaname Yang Baik Dengan Menyiapkan Lahan

Udang vaname termasuk dalam jenis udang air tambak yang sering dipelihara oleh masyarakat pesisir yang terdapat genangan air payau. Dengan demikian, maka kita harus menyiapkan lahan tambak yang sesuai kandungan air dan kedalaman air serta menghilangkan ikan-ikan pemangsa dalam kolam tambak. Sebab ikan merupakan jenis hama yang memangsa anakan udang. Cara budidaya udang vaname yang baik juga harus memastikan aliran air tambak lancar ketika terjadi pergantian pasang surut. Sebaiknya sebelum lahan tambak digunakan, bersihkan dahulu air tambak menggunakan saponin serta diamkan air dalam keadaan kosong kurang lebih 3 hari.

Cara Budidaya Udang Vaname Tahap Penebaran Benur Vaname

Benur adalah anak udang jenis vaname yang siap ditebarkan dalam kolam tambak yang sudah siap sebelumnya. Pilih benur yang sudah berusia 6-10 hari untuk ditebarkan dan mengukur ph air supaya benur bisa menyesuaikan suhunya. Ada cara tradisonal yang sering dilakukan oleh petambak dengan cara mengapungkan benur yang masih dalam kantong plastic dipermukaan air tambak kurang lebih 15 menit sebelum dibuka dan dipindahkan ke tambak. Cara budidaya udang vaname yang baik menggunakan cara tradisional ini bukan mitos tetapi memang cukup berhasil mencegah benur dari kematian akibat suhu yang berbeda dari kolam pembibitan.

Masa Pemeliharaan Udang Vaname


cara budidaya ikan,budidaya udang vaname tradisional plus,dengan plastik mulsa,supra intensif,air tawar,artikel,semi intensif,di kolam terpal,pdf,

Selanjutnya masuk tahap pemeliharaan dengan memperhatikan perkembangan benur sampai menjadi udang siap panen. Selama proses pemeliharaan harus memantau suhu dan ph air, selain itu kandungan oksigen dan kedalaman air. Pada tahap pemeliharaan ini juga dilakukan pemupukan urea serta TPS tahap susulan dan pemberian probiotik seminggu sekali untuk menstabilkan pertumbuhan plankton.

Ketika udah sudah berusia 70 hari maka sudah bisa dikenalkan dengan jenis pakan dengan mengurangi tahap pemberian plankton. Lakukan tahap demi tahap dengan tetap memantau keseimbangan air tambak dan pemberian pakan sampai usia 100 hari. Kemudian, Anda sudah bisa memanen setelah udang setelah mencoba cara budidaya udang vaname yang baik. Demikian sedikit ulasan seputar usaha udang vaname serta dapatkan makalah budidaya udang vaname lainnya hanya disini.

Budidaya selanjutnya peluang usaha budidaya ikan hias air tawar di aquarium
Cara Budidaya Udang Vaname Yang Baik Secara Tradisional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri