Jumat, 21 Agustus 2015

Mudahnya Cara Budidaya Ikan Nilem

Mudahnya Cara Budidaya Ikan Nilem  - Mungkin sedikit asing ikan nilem ini pada telinga kita, karena ikan nilem memang belum cukup memiliki nama. Budidaya ikan nilem saat ini baru terjadi di daerah Tasikmalaya. Namun dengan rasanya yang sangat gurih ini, pasti akan menyusul pembudidayaan di daerah lainnya. Cara budidaya ikan nilem ini tergolong cukup rumit sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Ikan ini merupakan salah satu ikan sehat, karena pakan yang dimakannya bukanlah pakan yang berasal dari pelet sehingga tidak mengandung bahan kimia. Adapun pakan yang dimakan ikan ini antara lain adalah zoo plankton, phito dan ganggang.

cara umum budidaya ikan nilem,nilem mangut,ikan patin,di kolam terpal,di kolam beton,lele,nila,patin agar cepat besar,

Ikan nilem merupakan ikan yang memiliki daya tahan cukup kuat dan berdaging. Selain bisa dimakan begitu saja, ikan ini juga bisa dibuat sebagai abon, pepes, dendeng dan lainnya. Budidaya ikan nilem memang belum terjadi secara luas, namun saat ini ikan nilem telah berhasil di ekspor ke luar negeri seperti ke negara Malaysia, Hongkong, Singapura dan juga Taiwan. Cara budidaya ikan nilem juga melalui berbagai tahap hingga mendapatkan anak ikan yang bagus. Teknik beternak untuk ikan ini tidak hanya berpatok pada satu cara saja. Namun, ada beberapa yang bisa dilakukan namun dengan syarat yang harus dipenuhi yaitu tempat bersih dan aman dan dengan pemeliharaan yang baik. Adapun langkah budidayanya adalah sebagai berikut:

• Siapkan lahan

Hal pertama yang harus disiapkan adalah lahan. Adapun lahan yang bagus untuk ikan ini adalah pada ketinggian 150 hingga 1000 m di atas permukaan air laut. Cara budidaya ikan nilem ini akan lebih cocok jika dilakukan dalam suhu yang terjaga yaitu 18 hingga 28 derajat celsius. Dan tempat yang digunakan untuk membudidayakan adalah tempat yang mengalir terus menerus. Anda juga bisa mempersiapkan kolam sebagai tempat budidayanya. Cara umum budidaya ikan nilem adalah dilakukan di dalam kolam. Kolam ini dilakukan untuk persiapan pembesaran. Namun demikian, kolam ini harus dikeringkan terlebih dahulu setidaknya dua Minggu dan taburi dengan kapur sebanyak 50 kg kurang lebihnya. Dengan demikian bakteri patogen yang berada dalam tanah akan mati karena cara budi daya ikan nilem harus dilakukan pada tempat yang steril. Kemudian isi dengan air, namun ini belum saatnya memasukkan benih pada kolam, tunggu setidaknya 3 hari untuk memasukkannya.
cara umum budidaya ikan nilem,nilem mangut,ikan patin,di kolam terpal,di kolam beton,lele,nila,patin agar cepat besar,

• Pemijahan dan indukan

Pemijahan atau perkawinan dan indukan dilakukan pada tempat tersendiri, adapun cara budidaya ikan nilem adalah dengan memasukkan satu induk ikan nilem jantan dan dua ekor betina yang sudah siap untuk kawin. Anda bisa mencari tahu di artikel budidaya ikan nilem tentang ciri-ciri ikan nilem yang sudah siap kawin. Dengan demikian tidak akan salah dalam memilih indukan, dan pemijahan akan berhasil dengan sukses.

Demikianlah cara budidaya ikan nilem secara umum yang bisa dilakukan di kolam.

Budidaya sealanjutnya budidaya Udang Vaname di kolam terpal lebih maksimal
Mudahnya Cara Budidaya Ikan Nilem Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri