Tips Penting Cara Memelihara Ikan Hias di Akuarium Agar Tetap Indah

Cara Memelihara Ikan Hias di Akuarium - Banyak orang yang sangat tertarik dengan ikan hias dan diletakkan dalam akuarium. Namun sayangnya, banyak pula yang setelah membelinya dan meletakkannya di akuarium dibiarkan saja tidak dirawat dengan baik. Cara memelihara ikan hias di akuarium berbeda dengan memelihara ikan hias di dalam kolam semen. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar ikan yang dipelihara bisa tetap hidup sehat dan indah di dalam akuarium. Fungsi lain dari akuarium sendiri adalah sebagai hiasan rumah, jika akuariumnya dirawat dengan baik maka akan tampak ikan yang indah dan mempercantik ruangan. 

cara budidaya ikan,cara merawat ikan hias di akuarium kecil,cara memelihara ikan cupang hias,di aquarium,di kolam,air tawar,hias arwana,black ghost,

Cara merawat ikan hias di akuarium sebenarnya tidaklah sulit, dengan pemeliharaan yang tepat dan perawatan yang telaten ikan hias yang ada di dalam akuarium bisa tetap terlihat indah setiap saat. Memelihara ikan hias di akuarium agar tetap indah harus memperhatikan beberapa berikut ini.

Langkah Memelihara Ikan Hias

• Pilih ukuran akuarium yang tepat 

cara budidaya ikan,cara merawat ikan hias di akuarium kecil,cara memelihara ikan cupang hias,di aquarium,di kolam,air tawar,hias arwana,black ghost,

Yang pertama dilakukan untuk cara memelihara ikan hias di akuarium yaitu memilih ukuran akuarium yang tepat. Ukuran akuarium harus dipilih yang sesuai dengan jumlah ikan yang akan dipelihara. Jika akan memelihara sedikit, gunakan akuarium yang kecil. 

• Pilih bibit yang bagus 

Cara memelihara ikan hias di kolam maupun di akuarium harus tetap memperhatikan pemilihan bibitnya. Pilih bibit ikan hias yang unggul agar bisa tumbuh menjadi ikan hias yang bagus dan indah. Pemilihan bibit ini memang tidak mudah tapi bisa dikenali dari keadaan fisik ikan hias yang akan dibeli. Pilihan bibit ikan hias ini sangat penting dan perlu diingat bibit ikan hias yang paling bagus dari dalam negeri sendiri. 

• Gunakan air yang bersih

Air yang selalu bersih adalah cara memelihara ikan hias di akuarium agar tetap indah dan sehat. 
Kebersihan air adalah hal utama yang harus diperhatikan. Anda bisa menggunakan alat bantu untuk menjaga kebersihan air. Jika air sudah mulai kotor segera ganti air dalam akuarium, ketika menggantinya letakkan ikan hias di wadah yang lain sampai proses penggantian air selesai.

• Beri makan yang teratur 

Pemberian makan pada ikan hias juga menjadi perhatian penting ketika memelihara ikan hias di dalam akuarium. Ikan setidaknya diberi makan dua sampai tiga kali dalam sehari. Jumlah pakan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan jumlah ikan yang ada di dalam akuariumnya. 

 • Pisahkan ikan yang sakit 

cara budidaya ikan,cara merawat ikan hias di akuarium kecil,cara memelihara ikan cupang hias,di aquarium,di kolam,air tawar,hias arwana,black ghost,

Memisahkan ikan yang sakit juga merupakan cara memelihara ikan hias di akuarium yang tepat. Jika ikan sudah terlihat sakit segera ambil dan pindahkan dalam tempat yang terpisah. Ikan yang sakit jika dibiarkan saja bisa menulari ikan yang lain dan akibatnya ikan yang ada di dalam akuarium bisa mati atau terserang penyakit.

Ketika memelihara ikan hias di dalam akuarium maka harus diperhatikan pemilihan ikan yang akan di masukkan. Ukuran ikan dalam akuarium usahakan yang sesuai dan tidak jauh berbeda. Hindari untuk menjadikan satu antara ikan yang kecil dan ikan yang besar. Ikan besar biasanya akan memangsa ikan-ikan kecil. Jadi, usahakan dalam satu akuarium ukuran ikannya harus seragam dan tidak ada yang lebih besar atau terlalu besar dibandingkan yang lainnya. Cara memelihara ikan hias di akuarium ini memang wajib diketahui agar ikan yang dipelihara tetap indah dan sehat.

Budidaya selanjutnya tips cara budidaya ikan mas di kolam terpal untuk benih dan pembesaran
Tips Penting Cara Memelihara Ikan Hias di Akuarium Agar Tetap Indah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown