Rabu, 19 Agustus 2015

Tips dan Tahapan Budidaya Ikan Sidat di Jawa Timur

Tips dan Tahapan Budidaya Ikan Sidat di Jawa Timur - Budidaya ikan sidat di Jawa Timur merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Ikan sidat memiliki bentuk tubuh seperti ular yang tak memiliki sirip perut dengan punggung yang tidak berduri. Ikan sidat ini memiliki sisik dengan bentuk yang kecil membucur. Sirip pada bagian dada sempurna dan bagian mata tertutupi kulit. Bagian lubang hidung berada terletak pada muka mata dengan mulut yang agak miring hingga melewati mata. Adapun bentuk sirip dada berukuran kecil yang berada di bagian belakang kepala inilah yang membedakannya dengan ikan belut. Untuk Anda yang tertarik membudidayakannya, maka perlu membaca beberapa tips budi daya ikan sidat di Jawa Timur yang akan kami bagikan di sini!

cara budidaya ikan sidat di jawa timur,sidat di kolam terpal,sidat di kolam beton,harga ikan sidat,sidat,ikan lele,
Ikan sidat termasuk ikan yang tak menyukai cahaya yang kuat. Ikan ini juga merupakan jenis ikan dasar dengan hobi suka bernaung ketika di siang hari saat cahaya matahari mulai menembus hingga ke dasar sungai. Untuk melakukan budidaya ikan sidat di Jawa Timur sebenarnya masih mengalami kendala yang begitu banyak. Sebab benih dari ikan sidat masih sulit didapatkan. Ikan sidat mempunyai kandungan vitamin begitu tinggi. Untuk pembudidayaan ikan sidat di Jawa Timur ini sebenarnya baru mengandalkan benih yang terdapat pada alam. Hal inilah yang menyebabkan pembudidayaannya begitu tergantung dari ketersediaan benih pada alam itu sendiri.

Beberapa Tips Penting Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Melakukan Budidaya Ikan Sidat di Jawa Timur

• Suhu

Untuk pemeliharaan benih dari ikan sidat lokal, adapun suhu paling baik memicu pertumbuhan ikan sidat yaitu sekitar 29 derajat celcius.

• Salinitas

Untuk salinitas yang paling tepat pada pertumbuhan ikan sidat ini antara 6 sampai 7 ppt.

• Oksigen yang terlarut

Ikan sidat membutuhkan kandungan oksigen yang bisa ditolerir minimal 0,5 sampai 2,5 ppm.

• PH

Adapun PH yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dari ikan sidat ini yaitu sekitar 7 – 8.

• Kebutuhan nutrient

Ikan sidat memerlukan kandungan gizi pada tubuhnya berbentuk lemak, mineral, karbohidrat, protein dan vitamin.

Tahapan-Tahapan Pembudidayaan

Selain beberapa faktor di atas, untuk Anda yang ingin memulai budidaya ikan sidat di Jawa Timur ini, maka bisa melakukan tahapan-tahapan pembudidayaan berikut ini:
cara budidaya ikan sidat di jawa timur,sidat di kolam terpal,sidat di kolam beton,harga ikan sidat,sidat,ikan lele,

• Tahap Pendederan Pertama

Tahap pendederan ini merupakan proses pengenalan benih dari ikan sidat agar dapat beradaptasi sesuai kondisi lingkungan buatannya berupa kolam berikut juga dengan pakan buatan yang Anda buat sendiri. Tujuan dari tahap ini yaitu untuk proses pembesaran pada Glass eel hingga benih dari ikan sidat berukuran lever. Jika sudah melalui tahap pendederan yang ke-1 maka bisa melanjutkannya ke tahapan kedua. Proses penebaran pada glas eel dapat dilakukan secepat mungkin seusai Glass eel tadi diterima pada lokasi tempat pemeliharaan. Lakukan tahap aklimatisasi terlebih dahulu sebelum dilakukannya proses penebaran ikan, dengan cara meletakkan plastik packing supaya mengapung di bagian atas air pada lokasi pemeliharaan.

• Tahap Pendederan Kedua

Tahap pendederan kedua ini meliputi tahapan persiapan supaya menghasilkan sebuah ukuran sidat yang fingerling sekitar 10 gram tiap ekornya. Setelah itu siap melakukan pemeliharaan dalam tahapan pembesaran.

• Tahap Pembesaran 

Nah, di tahapan inilah dilakukannya proses untuk pembesaran dari ikan sidat. Tujuannya yaitu agar membesarkan dan mengembangkan ikan sidat hingga berukuran 200 gram tiap ekornya
Tips dan Tahapan Budidaya Ikan Sidat di Jawa Timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Saputri