Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton dengan Mudah - Jika Anda ingin mencoba bisnis yang mempunyai keuntungan besar, cobalah budidaya ikan mujair di kolam beton. Membuka bisnis budidaya ikan mujair dapat menghasilkan keuntungan yang relatif besar bahkan keuntungannya hampir sama dengan membudidayakan ikan gurame. Ikan mujair merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar dan sering dikonsumsi.

cara budidaya ikan mujair di kolam terpal,mujair di kolam tembok,gurame di kolam terpal dan beton,patin di kolam terpal,gabus di kolam terpal,nila di kolam terpal,gurame di kolam terpal,ikan lele,

Sejarah penyebaran ikan mujair bermula di perairan Afrika, sedangkan di Indonesia pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair di daerah muara sungai serang pantai selatan kota Blitar, Jawa Timur sekitar tahun 1939. Perlu Anda ketahui bahwa jenis ikan mujair ini memiliki kecepatan pertumbuhan cukup cepat apabila dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Sehingga bagi Anda yang ingin berbisnis ikan mujair, hal tersebut merupakan pilihan yang paling tepat.

Ikan mujair memiliki panjang maksimum sekitar 40 cm. Banyak pebisnis ikan yang memilih membudidayakan ikan mujair di kolam beton daripada budidaya ikan mujair di kolam terpal karena kemudahannya. Untuk membudidayakan ikan mujair bisa dilakukan di beton karena kuat dan bisa menampung ikan mujair dalam jumlah yang banyak. Alasannya karena kolam beton daya tahannya lebih kuat sehingga umur kolam beton juga bisa lama dan memudahkan pemilik dalam melakukan perawatan.

Meskipun budidaya ikan mujair di kolam beton yang dibuat cukup kuat akan tetapi perlu penanganan khusus agar bibit-bibit ikan mujair tumbuh dengan maksimal. Pada kolam beton yang baru saja dibuat, mempunyai kandungan bahan kimia yang menempel pada dinding kolam, sehingga apabila kolam beton langsung digunakan kemungkinan terbesar adalah ikan bisa tercemar bahan kimia tersebut dan mati.

Sebenarnya bahan kimia yang berada di kolam beton yang baru saja dibuat lama kelamaan bisa hilang dengan sendiri. Meskipun begitu, membutuhkan waktu yang relatif lama yaitu sekitar 4-6 bulan agar kolam beton bisa digunakan untuk budidaya ikan mujair di kolam beton. Namun bagi Anda yang tidak sabar untuk menggunakan kolam beton tersebut untuk membudidayakan ikan mujair, ada tips yang bisa Anda lakukan.

Sebaiknya sebelum kolam diisi dengan air dan ikan mujair, Anda harus memastikan terlebih dahulu semen beton benar-benar kering dan keras. Anda juga harus merendam kolam tersebut dengan mengisi air secara penuh lalu dikuras setiap 3 hari secara berulang-ulang selama 1 minggu. Agar lebih singkat, Anda bisa memakai potongan batang pisang lalu digosok ke dinding dan dasar kolam selama 2 hari dan kolam siap digunakan.

cara budidaya ikan mujair di kolam terpal,mujair di kolam tembok,gurame di kolam terpal dan beton,patin di kolam terpal,gabus di kolam terpal,nila di kolam terpal,gurame di kolam terpal,ikan lele,

Melakukan budidaya ikan mujair memang gampang-gampang susah seperti budidaya ikan gurame di kolam beton meskipun gampang-gampang susah keuntungan yang didapat bisa lebih banyak. Bagi pemula untuk membudidayakan ikan mujair, sebaiknya dimulai dengan membuat 2 kolam, kolam yang pertama berukuran 4x6x1 dan 1x1x0.5 untuk kolam benih mujair. Setelah kolam tidak mengandung atau berbau zat semen pindahkan benih ikan ke kolam khusus benih dan setelah 3 minggu benih harus dipindahkan ke dalam kolam pendederan.

Sebaiknya pakan ikan menggunakan konsentrat atau bekatul agar pertumbuhan ikan jauh lebih cepat. Biasanya budidaya ikan mujair di kolam beton yang siap panen berumur 4-6 bulan dengan menggunakan jaring atau bisa mengeringkan kolam namun tetap hati-hati karena sirip ikan mujair tajam dan gampang menusuk jari.

Nah, itulah penjelasan mengenai budidaya ikan mujair di kolam beton yang bisa Anda coba. Budidaya ikan ini memang relatif mudah asalkan sesuai prosedur dan memberikan pakan yang baik untuk ikan mujair.

Budidaya selanjutnya tips budidaya ikan hias black molly yang menguntungkan
Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown