Tips Budidaya Ikan Hias Black Molly yang Menguntungkan

Tips Budidaya Ikan Hias black molly yang Menguntungkan - Tahukah Anda bagaimana budidaya ikan hias black molly? Tentunya Anda sudah tahu dan tidak asing dengan jenis ikan hias black molly ini. Ikan hias black molly merupakan salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar, ikan hias black molly dapat ditemui di hampir semua penjual ikan hias di seluruh wilayah Indonesia.

cara budidaya ikan hias air tawar black molly,air tawar di aquarium,hias air laut,pengertian budidaya ikan hias air tawar,guppy,komet,hias manfish,hias cupang,

Ikan black molly memiliki ukuran tubuh yang cukup besar pada bagian perut serta mempunyai panjang maksimal mencapai 12 cm. Ikan hias black molly merupakan ikan yang bisa melahirkan atau disebut dengan live brearer dan sifat dari ikan molly adalah omnivora. Sampai saat ini sudah banyak variasi jenis ikan molly yang diperjualbelikan di pasaran dengan disertai warna dan bentuk tubuh yang unik akibat dari mutasi dan persilangan.

Ikan black molly merupakan ikan hias yang bisa melahirkan, karena itu ikan black molly dapat dibudidayakan. Tentunya membudidayakan ikan hias black molly harus penuh kewaspadaan dan perhatian khusus karena ikan hias ini rentan untuk mati. Meskipun demikian, jika Anda berhasil budidaya ikan hias black molly, Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar asalkan jangan mudah berputus asa dalam menjalani bisnis ikan hias black molly ini.

Teknik pertama yang harus Anda miliki adalah tempat untuk pembesaran dan tempat untuk perkawinan ikan molly. Seperti budidaya ikan hias komet, Anda bisa membuat kolam dari semen atau menyediakan akuarium yang besar, ukurannya sekitar 100x40x50 cm.

Dalam budidaya ikan hias black molly, hal pertama yang tidak boleh dilupakan adalah bibit ikan molly. Anda bisa membeli bibit ikan molly dari penyedia maupun bisa memproduksinya sendiri. Cara budidaya ikan hias black molly yaitu dengan mengawinkan induk betina dan induk jantan.

Untuk proses pengawinan ini, sebaiknya Anda memilih bibit indukan yang bagus yaitu yang sudah siap kawin, bebas dari penyakit serta tubuhnya bagus. Cara pengawinannya dengan menempatkan bibit induk black molly jantan dan betina di tempat uang sudah disediakan. Sebaiknya tempatnya tidak begitu besar agar pengawinan mudah.

cara budidaya ikan hias air tawar black molly,air tawar di aquarium,hias air laut,pengertian budidaya ikan hias air tawar,guppy,komet,hias manfish,hias cupang,

Hampir sama dengan budidaya ikan hias guppy yang biasanya dalam proses pengawinan ikan molly akan saling berdekatan dan memulai ritualnya. Dalam hitungan menit molly betina akan bertelur dan dibuahi oleh molly jantan. Selanjutnya ikan molly betina akan bertelur dan telurnya menetas menjadi larva. Anda bisa memindahkan larva ke kolam maupun akuarium yang lebih besar ketika larva tersebut habis kuning telurnya dan dapat berenang.

Nah, untuk proses pembesaran dari larva menjadi ikan hias black molly yang unik, Anda harus memberinya pakan. Pakan yang diberikan masih berupa kutu air yang mudah dimakan oleh ikan molly yang masih kecil. Agar budidaya ikan hias black molly maksimal setelah berumur 10 hari dalam kolam, Anda harus memindahkannya ke tempat yang baru. Sebaiknya perpindahan tempat dilakukan selama 10 hari sekali.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk pemindahannya dilakukan dengan hati-hati. Budidaya ikan hias black molly cukup mudah asalkan dalam pemindahannya berhati-hati. Jika tidak berhati-hati ikan hias black molly bisa mati karena ikan hias ini rentan mati.

Buadidaya selanjutnya cara budidaya ikan balon mudah dan menguntungkan
Tips Budidaya Ikan Hias Black Molly yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown