Sabtu, 22 Agustus 2015

Tips dan Tahapan Budidaya Ikan Arwana di Akuarium Agar Menghasilkan

Tips dan Tahapan Budidaya Ikan Arwana di Akuarium Agar Menghasilkan - Budidaya ikan arwana di akuarium memang tidaklah mudah jika dibandingkan dengan membudidayakan ikan hias jenis lainnya. Langkah pertama yang harus dipertimbangkan yaitu Anda memerlukan cukup banyak modal, sebab akuarium, bibit dan pemeliharaannya memerlukan budget yang tak sedikit. Namun, dengan membudidayakan ikan arwana ini bisa sangat menjanjikan untuk Anda semua. Untuk melakukan pemeliharaan atau pembudidayaan ikan ini, Anda wajib melakukan cara budidaya ikan arwana di akuarium.

cara budidaya ikan arwana,arwana silver,arwana di kolam,harga ikan arwana,pembibitan ikan arwana,bisnis ikan arwana,

Tahapan Budidaya Ikan Arwana

• Persiapan Akuarium

Untuk melakukan budidaya ikan arwana di akuarium, Anda harus memperhatikan kondisi akuarium terlebih dahulu. Sebenarnya ada 2 macam cara untuk memelihara dan membudidayakan ikan Arwana, yakni melalui akuarium atau melalui kolam. Akan tetapi, jika Anda tak memiliki lahan yang luas, bisa membuat sebuah akuarium dengan karakter yang bisa menyerupai kolam dengan sedikit bebatuan kecil di dalamnya. Air akuarium untuk pemeliharaan Arwana harus jernih dan juga diusahakan agar air selalu mengalir. Dengan demikian, Anda perlu membuat sebuah filter pada akuarium. Adapun teknik budidaya ikan arwana di akuarium harus memperhatikan kualitas air dengan tetap menjaga PH nya sekitar 6-7. Anda juga bisa menjaga temperatur sekitar 26-30 derajat celcius. 

• Jumlah Akuarium 

Jika Anda hendak melakukan budidaya ikan arwana di akuarium dengan jumlah ikan yang lebih besar, maka Anda harus memiliki 4-5 akuarium sebagai tempat budi daya. Selain itu, Anda juga membutuhkan peralatan lengkap untuk pembudidayaan, seperti oksigen pemancar gelembung dan alat untuk mengatur suhu. Perhatikan selalu sirkulasi air akuarium untuk budi daya ikan Arwana. 

• Memilih Tipe Ikan 

cara budidaya ikan arwana,arwana silver,arwana di kolam,harga ikan arwana,pembibitan ikan arwana,bisnis ikan arwana,

Arwana Jika Anda ingin memperoleh keuntungan yang begitu banyak, maka Anda dapat memilih jenis ikan Arwana Super Red. Kenapa Super Red? Sebab, ikan Arwana jenis ini bisa dijual dengan harga 5 jutaan untuk jenis ikan dewasa dengan benih tiap ekornya berharga sekitar 1 juta. Apabila Anda tak memiliki cukup banyak modal, maka Anda bisa memilih jenis ikan Arwana silver dengan harga bibit yang lebih murah. 

• Persiapan Induk 

Arwana Terbaik Tahap budidaya ikan arwana di akuarium berikutnya adalah dengan mempersiapkan induk dari ikan Arwana yang telah berusia 4 tahun maupun lebih, karena siap di kembang biakan. Sebaiknya, pisahkan antara ikan Arwana yang indukannya dengan jenis ikan Arwana yang lain. Hal ini agar pemberian pakan pada indukan Arwana lebih maksimal, karena ikan Arwana dewasa membutuhkan pakan khusus, yakni udang. Adapun untuk membedakan jenis kelamin ikan Arwana ini, biasanya pada Arwana betina bentuk kepala dan tubuh terlihat lebih kecil. 

• Tahap Pengembangbiakan 

Jika Arwana telah menemukan pasangannya, biasanya ikan ini akan berenang secara berdampingan dengan memutar, di bagian ekor dan kepala juga saling menempel. Nah, jika sudah terlihat indikasi seperti ini, maka Anda pun harus memindahkan pasangan ini pada akuarium tersendiri. Saat pengembangbiakan ini, Anda bisa membentuk akuarium dengan mengubahnya hingga sedemikian rupa. Jika Arwana betina telah mengeluarkan telur, biasanya Arwana jantan seolah-olah hendak memakan telur tadi. Namun sebenarnya, telur dari ikan ini justru dibuahi terlebih dahulu oleh Arwana jantan hingga keluar berbentuk larva. Larva ini biasanya telah berusia 8 minggu. 

• Pembesaran Benih 

Pada tahap ini, Anda perlu menunggu hingga benih berukuran 12 cm. Jika sudah berukuran sebesar itu, maka Anda bisa memindahkan anakan arwana tadi. 

 • Pembentukan Ikan 

Arwana Seusai memisahkan anakan ikan Arwana, kini Anda bisa mengembangbiakkannya hingga berukuran 25-40 cm. Sebab ikan Arwana dengan ukuran inilah yang paling banyak dicari oleh dunia. Anda dapat menjemur Arwana setiap pagi, untuk membentuk warna yang lebih natural. 

 • Panen Arwana 

Arwana dengan warna yang paling eksotis merupakan Arwana yang banyak dicari. Dengan demikian, Anda harus menjaga kondisi serta warna dari ikan Arwana tersebut. Untuk penjualannya, Anda dapat mencari agen atau penyalur ikan hias Arwana. 

Ya, itulah tahapan-tahapan budidaya ikan arwana di akuarium untuk menambah penghasilan Anda. Semoga bermanfaat!

Budidaya selanjutnya  prospek budidaya ikan care,gambusia sebagai pembasmi jentik nyamuk
Tips dan Tahapan Budidaya Ikan Arwana di Akuarium Agar Menghasilkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Raisa Namaya