Cara Budidaya Ikan Gabus Kolam Terpal Yang Mudah dan Murah

Cara Budidaya Ikan Gabus Kolam Terpal Yang Mudah dan Murah - Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya. Ikan gabus ini banyak sekali di temui di kolam-kolam besar dan di sungai-sungai besar maupun kecil. Berbeda dengan budidaya ikan gurame kolam terpal karena banyak peneliti yang melakukan penelitian tentang kandungan gizi di dalam tubuh ikan gabus ini.

Ternyata penelitian itu membuktikan bahwa ikan gabus mempunyai nutrisi yang tinggi dan dapat memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak serta ibu hamil. Selain itu, kandungan yang ada ikan gabus diyakini mampu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan protein yang terkandung pada ikan gabus dipercaya dapat mengatasi macam-macam penyakit berbahaya seperti stroke, hepatitis, infeksi paru-paru dan lain-lain. Anda bisa membudidayakan ikan gabus di dalam terpal, budidaya ikan gabus kolam terpal lebih menghemat biaya dari pada di kolam semen.

pakan ikan gabus agar cepat besar, ternak ikan gabus dalam drum, bibit ikan gabus, pakan alami ikan gabus, makanan ikan gabus peliharaan,

Jika di daerah perdesaan ikan gabus dikenal juga sebagai ikan kutuk. Ikan gabus ini hidupnya di air tawar dan dia juga merupakan predator bagi benih yang rakus. Di alam liar misalnya di sungai-sungai, ikan gabus tidak memangsa benih ikan saja namun juga memangsa ikan yang sudah dewasa, serangga di air dan lainnya. Meskipun demikian, ikan gabus memiliki kandungan gizi sehingga banyak orang yang mencoba budidaya ikan gabus kolam terpal karena lebih murah.

Selain kandungan gizinya yang besar, ternyata menernakkan ikan gabus tidak serumit menernakkan ikan lele. Apalagi ikan gabus ini mempunyai kandungan zat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit sehingga banyak orang mengkonsumsinya. Meskipun demikian belum banyak pebisnis ikan gabus sehingga jika Anda mencoba membudidayakan ikan gabus pasti untungnya besar.

pakan ikan gabus agar cepat besar, ternak ikan gabus dalam drum, bibit ikan gabus, pakan alami ikan gabus, makanan ikan gabus peliharaan,

Jika Anda ingin mencoba budidaya ikan gabus kolam terpal, tentu Anda harus mempersiapkan kolam terpalnya terlebih dahulu. Sebaiknya membuat kolam terpal dengan bentuk persegi karena relatif lebih luas. Cara membuat kerangkanya bisa dengan menggali tanah dan bisa juga dengan tidak menggali tanah, asalkan Anda membuatnya dengan kokoh dan kuat serta dijamin kolam tidak akan roboh.

Tips ini juga diterapkan pada budidaya ikan lele kolam terpal, yakni setelah kerangka galian kolam sudah dibuat maka Anda harus menyiapkan terpal dengan ukurannya cukup untuk menutupi kerangka yang sudah dibuat tadi. Terpal yang sudah siap belum bisa langsung digunakan untuk membudidayakan ikan namun harus direndam selama tiga hari. Serta jangan lupa untuk mengikat bagian pinggir dengan kawat, tali dan paku agar lebih kuat dan kokoh.

pakan ikan gabus agar cepat besar, ternak ikan gabus dalam drum, bibit ikan gabus, pakan alami ikan gabus, makanan ikan gabus peliharaan,

Apabila kerangka sudah jadi dan terpal juga sudah direndam air selama tiga hari, maka kolam sudah bisa diisi dengan bibit ikan gabus. Bibit ikan gabus dapat Anda dapatkan dengan membeli dan juga dapat melakukan pembenihan sendiri. Biasanya air yang sangat bagus apabila disebar bibit ikan gabus yaitu apabila air sudah tercampur dengan biodin df agar plankton tumbuh di air tersebut.

Mudah bukan melakukan budidaya ikan gabus kolam terpal? Perlu Anda perhatikan jangan memberikan pakan kepada benih ikan gabus sebelum 2 hari setelah ikan gabus dilepaskan. Hindari memberikan pakan kepada ikan gabus disaat ikan gabus sedang stres.

Budidaya ikan gabus kolam terpal sangat mudah, apabila yang sudah dijelaskan di atas terpenuhi, maka Anda tinggal merawatnya. Merawat ikan gabus dan membesarkannya juga relatif mudah yakni dengan memberikan makan secara teratur serta kebersihan air harus tetap dijaga agar ikan gabus tidak mudah sakit, tetap sehat dan tidak mati.

Budidaya se lanjutnya cara budidaya ikan kakap merah
Cara Budidaya Ikan Gabus Kolam Terpal Yang Mudah dan Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown